» » Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin setuju ada puskesmas apung di Sikka NTT


KABARMAGELANG.COM---Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin menyetujui pendirian puskesmas apung yang di prakarsai oleh Ketua PDM Sikka Nusa Tenggara Timur (NTT) H Rosyid. Ia bahkan berharap puskesmas apung sudah harus bisa diwujudkan sebelum Agustus 2015 atau sebelum Muktamar Muhammadiyah dilaksanakan. "Ini ide yang sangat cemerlang dari bawah dan Muhammadiyan merespon positif atas gagasan ini," kata Din Syamsudin usai membuka Rakernas   Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di auditorium Universitas Muhammadiyah Magelang, Sabtu (29/11).
Din Syamsudin mengatakan, ide pendirian puskesmas apung kemungkinan baru pertama kali ada di Indonesia. Puskesmas apung sangat diperlukan di daerah Sikka NTT, karena di daerah ini masih minim fasilitas kesehatan apalagi mereka tersebar di 8 pulau. Puskesmas apung ini, secara berkala akan mendatangi penduduk yang tinggal di pulau-pulau untuk memberikan layanan kesehatan.
Atas ide yang cemerlang itu, Din Syamsudin memberikan memberikan "MDMC Award” kepada H Rosyid. Pemberian itu bukan semata karena ide mendirikan puskesmas apung, melainkan dedikasinya di bidang kesehatan.
Atas pemberian itu, H Rosyid mengaku kaget sekaligus bangga. "Saya baru diberi tahu tadi pagi kalau akan menerima award ini. Sebenarnya jangan diberikan kepada saya, namun kepada segenap anggota Muhammadiyah yang saling bahu membahu membantu masyarakat di daerah Sikka terutama para pengungsi gunung Rokatenda," katanya menanggapi pemberian award ini.
Pemberian award kepadanya juga menjadi beban, karena itu artinya dirinya harus terus menerus menularkan apa yang sudah dilakukan selama ini kepada para kader. "Namun kita akan melakukan dengan senang hati," timpalnya.
Ia juga mengaku senang bila usulan untuk mendirikan puskesmas apung di Sikka segera di realisasikan. Sebab ia melihat masyarakat di Sikka masih sangat kekurangan fasilitas kesehatan. Mereka tersebar di 8 atau 9 pulau, sehingga puskesmas apung bisa melayani masyarakat yang menetap di pulau-pulau tersebut. Ia juga menyebutkan sebagian besar masyarakat disana adalah muslim. (watie)

.

ket gambar :
Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin didampingi rektor UM Magelang Eko Muh Widodo menyerahkan MDMC Award kepada Ketua PDM Sikka NTT H Rosyid, dalam acara pembukaan rakernas Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) PP Muhammadiyah  di UM Magelang, Sabtu (29/11).(foto: ch kurniawati)

About watik

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply