» » » Joging Track Tanggul Kali Kota Menjadi Destinasi Wisata Kota Magelang

KABARMAGELANG.COM---Pemerintah Kota Magelang sedang gencar mengenalkan potensi pariwisata di wilayah ini. Bahkan tidak segan Walikota Ir Sigit Widyonindito turun langsung untuk meninjau tempat-tempat yang dijadikan destinasi wisata Kota Magelang. Kali ini yang dikenalkan adalah joging track tanggul aliran Kali Kota.

     Jumat (16/1) pagi, Sigit bersama Wakil Walikota Joko Prasetyo dan Sekda Drs Sugiharto serta para kepala SKPD dilingkungan Pemkot sengaja menyusuri joging track ini. Mereka berjalan kaki sekitar 2 km dimulai dari jalan Raden Saleh hingga kantor PDAM di jalan Veteran Magelang.

    Walikota mengatakan, arena joging track ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berolahraga joging, sambil melihat pemandangan kota di bawahnya.

    Menurutnya, pemkot sudah  beberapa waktu ini memperbaiki jalur ini, agar nyaman dilintasi dengan jalan kaki. "Kita juga mempercantik kawasan ini dengan  membuat taman-taman bunga yang indah, sehingga sedap dipandang,” katanya di sela-sela joging.

    Walikota menyadari masih banyak yang perlu diperbaiki. Acara joging bersama ini juga dalam rangka menerima masukan-masukan dari SKPD lain maupun masyarakat. "Tadi ada yang usul membuat gardu pandang. Ya kita pikirkan dulu manfaat dan tidaknya," kata Walikota.

    Ia juga megatakan,  dalam penelusuran ini pihaknya sekaligus melihat hasil proyek pemasangan paving yang didanai pemerintah pusat sebanyak Rp 700 juta. Meski hanya sepertiga yang dipaving, tapi sudah cukup membuat kali yang merupakan saluran irigasi jaman Belanda ini berubah wajah.

    Ia menilai hasil pavingisasi sudah  cukup bagus demikian juga dengan jalur jogingnya, termasuk kali yang selalu terjaga kebersihannya.     Diharapkan pavingisasi ini bisa sepanjang aliran minimal hingga samping kantor PDAM.

    Sekretaris Disporabudpar Kota Magelang, Catur Sahwahyo mengemukakan, pihaknya siap menindaklanjuti pengembangan potensi itu. "Joging track ini bisa dijadikan tempat wisata bagi masyarakat sambil berolahraga sehat," katanya.

    Ia menyebut beberapa kelebihan joging track, antara lain dapat melihat  pemandangan indah kawasan pemukiman warga, pegunungan Merapi, Merbabu, Andong, Sindoro, dan Sumbing. Hal ini karena jalur itu berada di ketinggian sekitar 3-4 m di atas tanah.

    "Kita siap memperomosikan jalur joging track ini kepada masyarakat luas, terlebih dalam rangka "Ayo ke Magelang 2015” yang menuntut banyak kunjungan wisatawan," katanya.

    Ada yang istimewa dari track ini, yakni ada nilai sejarah. Sebab, Kali Kota ini merupakan saluran irigasi jaman Belanda yang dibangun sekitar tahun 1883 sepanjang 5 km dari Kampung Pucangsari hingga Kampung Jagoan.

    Kabag Humas, Protoko, dan Santel Kota Magelang, Sutomo Hariyanto mengaku, penelusuran Kali Kota ini merupakan salah satu agenda “Mlaku-mlaku” wali kota yang rutin setiap Jumat. Termasuk di dalamnya agenda “Tilik Kampung” yang menelusuri setiap kampung.(watie)

Ket Gambar :
Walikota Magelang Ir Sigit Widyonindito bersama jajaran lingkungan Pemkot menyusuri joging track Kali Kota, Jumat (16/1). Lokasi ini dijadikan destinasi wisata di Kota Magelang, karena dari sini bisa dilihat pemandangan Kota Magelang serta beberapa gunung seperti Merapi, Merbabu, Sumbing yang ada di sekitar Magelang. (foto: ch kurniawati)

About watik

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply