» » Festival Seni Bentuk Karakter






KABARMAGELANG.COM_Pendidikan merupakan aspek penting dari kualitas Sumber daya Manusia (SDM) dalam membangun bangsa, karenanya karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia sekolah. Anak perlu diajarkan untuk mengenali budaya, dengan menumbuhkan karakter kepadanya.

"Pemebntukan karakter pada seseoang, dapat dilakukan melalui proses pendidikan yang diintegrasikan pada berbagai mata pelajaran, termasuk pelajaran seni dan budaya bangsa," kata Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP, pada pembukaan Lomba Festival Seni Siswa Nasional se Kabupaten Magelang, di GORD Gemilang, Kamis (9/4).

Bupati menambahkan , pendidikan seni perlu diajarkan untuk mengenalkan dan mempelajari budaya bangsa, serta bisa sebagai sarana menumbuhkan dan mengembangkan individu peserta didik, dalam rangka mempersiapkan hari depan. Pendidikan seni dapat menumbuhkan karakter pada peserta didik.

 "Tujuannya, agar anak-anak mecintai bumi dan bebaskan sampah dari tubuhnya, serta mengajak siswa untuk  mencintai alam lingkungan,” Ungkap Zaenal.

Plt Kepala Dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Eko Triyono menyebutkan, Ada beberapa lomba Festival yang dipertandingkan, diantaranya seni suara, musik tradisional, tarian, desain poster, desain batik dan lainnya. “Lomba ini, untuk menyongsong dan memotivasi siswa untuk mewakili ke tingkat nasional”Imbuhnya.

Sementara  panitia lomba desain, Muh Rohayat menuturkan, khusus lomba desain diikuti 59 peserta. Ada tiga kriteria penilaian, kreativitas, komunikasi gambar dan keindahan.

”Pemenangnya  akan mendapatkan  uang pembinaan, piala dan piagam serta akan diikutkan lomba serupa tingkat provinsi”Pungkasnya.(zis) 


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply