» » Kabupaten Magelang Terima Sertifikat Adipura




MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Kerja keras yang melibatkan berbagai komponen di Kabupaten Magelang sedikit demi sedikit mulai membuahkan hasil. Melalui Bupati Pemerintah kabupaten Magelang Senin (23/11) telah berhasil memperoleh penghargaan Sertifikat adipura kategori kota kecil dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Gedung Bidakara Jakarta 

Sertifikat adipura Kategori kota kecil diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya dan diterima langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, di Jakarta. "Ini suatu kebanggan masyarakat Kabupaten Magelang dan merupakan hasil kerja keras berbagai elemen masyarakat sehingga prestasi ini bisa diraih, "tutur Zaenal (24/11).

Kementerian Lingkungan dan Kehutanan (KLHK),  memberikan penghargaan Adipura untuk pemerintah kabupaten kota dan provinsi yang dinilai memiliki kinerja luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup. Pemberian penghargaan Adipura yang dirangkaikan dengan pemberian penghargaan Proper dikemas dalalam acara Malam Anugerah Lingkungan 2015.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden RI Bapak M. Jusuf Kalla serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Penghargaan terhadap pemerintah daerah diberikan melalui penilaian Adipura terhadap 357 kota dan ibukota kabupaten seluruh Indonesia.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya penilaian nasional Adipura selama empat tahun terakhir mengalami kenaikan dari 63,31 menjadi 67,51. Kenaikan sebesar 6,63% ini merupakan indikasi kenaikan kualitas lingkungan hidup perkotaan secara nasional.

Terdapat pengetatan kriteria dalam rangka mendorong pemenuhan ketentuan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yaitu menggunakan kriteria TPA yang operasionalnya minimal Controlled Landfill (lahan urug terkontrol).

Hal ini diindikasikan dengan Nilai TPA ≥ 74 untuk kategori kota Kecil dan Sedang serta Nilai TPA ≥ 72 untuk kategori kota Besar dan Metropolitan. Jadi jika ada suatu kota memiliki Nilai Adipura ≥ 75 namun nilai TPA-nya tidak memenuhi kriteria di atas maka kota tersebut tidak akan diberikan penghargaan Adipura.

Ir.Agus Liem Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang yang turut hadir mendampingi Bupati mengatakan Prestasi untuk kebersihan Kabupaten Magelang perlu kita syukuri dan kedepannya bisa kita raih piala Adipura. Melalui prestasi ini diharapkan akan memberikan motifasi bagi masyarakat . “Butuh kerja keras lagi agar sertifikat akan meningkat menjadi piala Adipura”, ujarnya.

Penghargaan Anugerah Adipura Kencana diraih oleh Kota Surabaya,Balik Papan dan Kendari.sedangkan anugerah Adipura diberikan kepada 65 Kab/Kota dan Sertifikat Adipura diberikan kepada 69 Kab/kota termasuk Kabupaten Magelang.(zis)







About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply