» » Kayla (7) Penderita Thalasemia Butuh Bantuan


KABARMAGELANG.com__ Kayla  (7) anak kedua dari dua bersaudara pasangan Ari Wibowo (35) dan Elis Silfiyana (35) warga Ngentak Rt/Rw 2 Keluarahan Gelagah, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang terpaksa harus menjalani transfusi darah setiap bulan. Gadis kecil yang masih duduk di bangku SD Negeri Gelangan I Kota Magelang ini di diaknose menderita Thalasemia (penyakit kelainan darah) sejak usia 7 bulan.

Kondisinya sekarang lemah dan pucat serta semakin mengecil. Setiap bulan di harus menjalani transfusi darah. Sementara ayahnya Ari wibowo hanya sebagai sopir dan Elis sang ibu hanya sebagai ibu rumah tangga dan tidak memiliki penghasilan tambahan. Meskipun Kayla memiliki BPJS namun itu tidak menjamin mendapatkan semua obat yang harus di gunakan Kayla. Mereka terpaksa membelinya di luar dengan uang kantongnya sendiri.

“Kalau tubuhnya sudah lemah, lemas, dan muka pucat, itu tandanya  harus segera transfusi. Tidak boleh ditunda lagi, ”keluh Elis sang ibu.

Dia mengungkapkan saat lahir Kayla itu  normal. Namun sejak umur tujuh bulan ,  tubuhnya sering  lemas, perut membuncit, dan muka pucat. “Setelah dipriksakan dan menjalani tes darah, ternyata didiagnosa menderita thalasemia. Sejak itulah, anak saya ini menjalani transfusi darah, ”terang Elis  di rumah kontrakannya Kamis (19/11).

Sementara  suaminya  Ari Wibowo, yang hanya bejerja sebagai sopir mengaku berat untuk menjalani pengobatan rutin tersebut. Pasalnya meski transfusi darah ditanggung BPJS, namun untuk membeli obat-obat untuk penyakit penyerta lainnya, tidak ditanggung BPJS. Setiap bulan harus keluar uang untuk membeli obat tersebut. Padahal sebagai sopir pendapatannya tidak menentu.


“Kami sering bingung harus bagaimana saat anak kami sedang membutuhkan biaya untuk membeli obat, kami hanya bisa pasrah dan semoga Pemerintah bisa memperhatikan nasib anak kami, dengan memberikan bantuan keringanan biaya pengobatan,  ”tuturnya sedih. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply