Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Puting Beliung Sapu Ratusan Rumah Warga Di Lereng Gunung Sumbing




KALIANGKRIK, KABARMAGELANG.com__Angin puting beliung disertai hujan deras menyapu pemukiman warga di lereng Gunung Sumbing Jumat (20/11) petang. Satu rumah roboh dan ratusan rumah di Dusun Kacetan, Desa Ngargosoko, Kecamatan Kaliangkrik rusak. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Magelang Sabtu (21/11) masih terus melakukan pendataan kerusakan rumah warga akibat terjangan angin kencang tersebut. Sementara ratusan relawan dibantu TNI dan Polri, dan warga sekitar membersihkan puing puing bangunan dan membantu memperbaikinya. Dalam kesempatan tersebut Bupati Magelang Zaenal Arifin juga menyerahkan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak.
Priyo (45) warga setempat mengatakan bahwa angin putting beliung disertai hujan  tersebut terjadi pukul 16.00 WIB kemarin. “Angin dan hujan datang secara tiba-tiba setelah sebelumnya terjadi mendung yang sangat gelap, “katanya.

"Ada satu rumah milik Panji roboh, dan banyak rumah warga yang rusak di bagian atap, “jelas Priyo.
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat meninjau dan memberikan bantuan secara simbolis mengatakan, di wilayah Kabupaten Magelang teridiri dari daerah perbukitan, hal ini tentunya sangat rentan terjadi bencana alam bisa berupa tanah longsor, angin puting beliung seperti yang terjadi saat ini.
“Kami harapkan kepada masyarakat selalu meningkatkan  kewaspadaan terutama pada musim penghujan ini, sehingga apabila terjadi bencana sewaktu waktu masyarakat siap menghadapi serta meminimalisir terjadinya korban jiwa, “tuturmya.
Sementara Kepala BPBD Kabupaten Magelang Sujadi  mengatakan hari ini masyarkat beserta aparat serta relawan bergotong royong memperbaiki rumah rumah warga yang mengalami kerusakan akibat puting beliung dan saat ini sebagian rumah warga sudah selesai diperbaiki.
Dalam waktu dekat pemerintah Kabupaten Magelang akan segera mengupayakan bantuan, sehingga masyarakat yang rumahnya rusak utamanya yang mengalami rusak berat/ roboh dapat segera memiliki tempat tinggal dan beraktifitas seperti sediakala, “tegasnya.
Berdasarkan data sementara di  Dusun Caketan terdapat 110 Kepala Keluarga, dan hampir seluruhnya rusak ringan, sedang, dan berat akibat angin puting beliung tersebut.(zis)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply