» » Satlantas Polres Magelang Sosialisasi Larangan Bak Terbuka Mengangkut Orang

MUNTILAN, KABARMAGELANG.com__ Kejadian laka lantas yang menewaskan belasan orang penumpang kendaraan bak terbuka di Kabupaten Batang menjadi perhatian khusus bagi Satlantas Polres Magelang. Dengan menggandeng ratusan Kepala Desa dan Babinkamtibmas Jajaran Satlantas Polres Magelang mengintensifkan kegiatan preventif di wilayah hukumnya dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi terkait larangan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut orang di pendopo Kecamatan Muntilan.

Kegiatan sosialisasi yang diformaat dalam tema “jagongan gethuk” (gerakan tertib lalu lintas untuk keselamatan) itu dihadiri Waka Polres Kompol Heru Budiharto, Kasat Lantas AKP Maryadi Muspika, dan ratusan kades se Kabupaten Magelang.

Wakapolres Kompol Heru Budiharto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan larangan menggunakan kendaraan terbuka untuk mengangkut orang. Mengingat di Kabupaten Magelang, hal itu masih kerap ditemui di jalan raya.

Kasat Lantas AKP Maryadi mengungkapkan budaya mengangkut orang dengan mobil bak terbuka sangat membahayakan dengan resiko dan sangat berbahaya bagi keselamatan.  ”Kita berharap melalui kepala desa bisa menyampaikan sosialisasi ini kepada masyarakat secara luas,” tuturnya.

Dia mengaku dalam bahwa  pihaknya masih sering menertibkan kendaraan bak terbuka yang memuat orang di jalan raya. Bahkan telah melakukan penindakan sesuai pasal 303 No 22 th 2009 dimana ancaman hukumannya penjara 1 bulan dan denda Rp. 250.000.

”Sampai saat ini orang meninggal dunia  akibat kecelakaan masih menempati urutan ke 3, setelah penyakit dan kurban perang, untuk itu kita akan tindak tegas bagi pelanggar yang mengangkut orang menggunakan mobil terbuka, ” tegas Maryadi.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dengan menggandeng komunitas dan masyarakat.

”Kita juga ingin menekankan pentingnya menggunakan perlengkapan berkendara yang baik dan benar,” tambahnya.

Camat Muntilan Jawawi,  mengatakan  langkah Satlantas Polres Magelang yang menggandeng kepala desa dan babinkamtibmas di Kabupaten Magelang sangat bagus untuk keselamatan bersama.

”Kita berharap sosialisasi ini diteruskan kepada masyarakat,terutama kepada pemilik mobil bak terbuka, ” tandasnya.

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply