» » Polisi Bubarkan Massa Unjuk Rasa Anarkis Di Kantor KPU

MUNGKID, kabarMagelang.com__Ratusan Petugas gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, dan Linmas Kabupaten Magelang siap mengamankan pemilukada 2018. Kesiapan ini ditunjukan saat menggelar Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota di depan Pemda Magelang, Sabtu (3/2).
Dalam simulasi petugas gabungan berhasil menghalau ratusan massa yang mengamuk karena adanya informasi yang menyatakan ada kecurangan dalam pelaksanaan pemungutan suara, sehingga mengakibatkan massa tidak bisa menerima hasil penghitungan suara. Massa akhirnya mengamukdan bertintadak anarkhis  di kantor KPU.
Dalam situasi ricuh massa sempat bentrok dengan Petugas baik dari Polisi maupun TNI. Massa melemparkan berbagai benda apa saja ke arah petugas. Massa bisa dibubarkan setelah tim gabungan dengan kekuatan penuh menurunkan barakuda serta beberapa tembakan peringatan ke pengunjuk rasa.  
Meskipun bisa dihalau namun  ada penyusup yang menmanfaatkan situasi dengan menaruh sebuah tas berisi bom di TPS. Beruntung petugas keamanan bertindak sigap dengan menurunkan tim jihandaknya untruk menjinakan dan meledakan di temmpat yang aman.
“Kegiatan ini untuk mengetahui kesiapan petugas dalam pengamanan pilkada 2018,” Jelas Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, usai memimpin langsung kegiatan simulasi.
Dia menyebutkan untuk mengamankan pilkada 2018 pihaknya menurunkan 825 personil di backup dua pertiga kekuatan dari TNI, dan juga dibantu dari  Satpol PP, dan Linmas.
“Kita kawal setiap tahapan, yang sudah dimulai dari pendaftaran calon.  Selanjutnya masih ada penetapan, pengundian nomor, kampanye hingga pemungutuan dan penghitungan suara. Kita pastikan pemilukada di Kabupaten Magelang aman,” ujarnya.
Pihaknya menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut memngawasi jalanya pilkada 2018 agar berjalan dengan aman, sesuai dengan yang diharapkan.  

Hadir dalam kegiatan simulasi Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, wakil Bupati Magelang Zaenal Arifin SH, Dandim 07/05 Magelang Kol.Inf. Hendra Purwanasari, para pimpinan partai politik, tokoh agama, ketua KPU Afiffudin dan Ketua Panwsalukab. Magelang Habib Shaleh.(Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply