» » Walikota Magelang Apresiasi Perolehan Juara I Kader Siaga Trantib


KOTA, kabarMagelang.com__Walikota Magelang mengapresiasi dan bangga atas prestasi Kader Siaga Trantib (KST) Kelurahan Magersari yang meraih juara I tingkat Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Dirinya pun meminta agar KST-KST di kelurahan lain bisa turut meningkatkan kompetensi mereka dan berprestasi.



"Jadikan prestasi yang sudah diraih sebagai cambuk agar menjadi lebih baik lagi ke depannya. Terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat di bidang keamanan, ketentraman, ketertiban umum," ujar Walikota Magelang, di sela Upacara Peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (Damkar), dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di halaman depan kompleks Pemerintah Kota Magelang, Rabu (14/3).



KST Kelurahan Magersari diketahui memiliki keunggulan tersendiri hingga berhasil memenangi Lomba KST tingkat provinsi yang diikuti oleh 35 kota/kabupaten se-Jawa Tengah. Keunggulan itu antara lain aktif, kompak, dan sangat membantu kegiatan Satpol PP dalam memantau kondisi keamanan dan ketertiban (trantib) lingkungan. 



Dalam upacara tersebut, Walikota Magelang juga menyerahkan piala secara simbolis kepada perwakilan KST Kelurahan Magersari dan perwakilan Satpol PP Kota Magelang. Dalam sambutannya, Walikota Magelang juga berterima kasih kepada Satpol PP, Damkar, dan Satlinmas atas dedikasi dan loyalitas yang ditunjukkan selama ini.



"Terus tingkatkan kompetensi, laksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan baik," katanya.



Sigit menjelaskan, hari jadi Satpol PP dan Satlinmas tahun ini menjadi istimewa karena bersamaan dengan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 171 daerah.  



"Untuk itu, upacara sekaligus apel siaga ini dilaksanakan juga dalam rangka mengawali tahapan Pilkada serentak yang akan berlangsung 27 Juni 2018 mendatang. Ini merupakan wujud kesiapan Satpol PP dan Satlinmas dalam mengawal Pilkada serentak," imbuh Sigit.



Dalam pengamanan Pilkada serentak ini, terdapat relevansi tupoksi dari Satlinmas dan Satpol PP. Yakni dalam penegakan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum.



"Dan tupoksi dari Satlinmas adalah membantu menjaga ketentraman, keamanan, dan ketertiban umum baik sebelum maupun sesudah tahapan Pilkada selesai," terangnya.



Menurut Sigit, pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini menjadi penting karena biasanya potensi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban umum akan meningkat tajam. Dan Satpol PP serta Satlinmas harus bisa menyikapi hal tersebut sejak dini.



"Faktor penting yang harus diperhatikan adalah koordinasi, integrasi, sinkronisasi. Baik dengan instansi vertikal maupun horisontal," tandas Sigit.(Kb.M1))




About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply