» » FGD Sosialisasi Pelaksanaan Survei Disagregasi PMTB


KOTA, kabarMagelang.com__Badan Pusat Statistik (BPS) tahun ini menggelar survei disagregasi PMTB (Pembentukan Modal Tetap Bruto). Hasil survei tersebut merupakan salah satu instrumen untuk mendukung pencapaian salah satu Program Prioritas Nasional yaitu Pengembangan Dunia Usaha dan Pariwisata melalui perbaikan iklim investasi dan lapangan pekerjaan.



Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Sugiharto mendukung kegiatan survei tersebut yang dilaksanakan secara nasional mulai awal bulan April hingga akhir Juni 2018.



"Kami menyambut baik dan mendukung kegiatan survei disagregasi PMTB. Berbicara tentang survei berarti kita berbicara tentang data. Tidak ada individu, organisasi maupun institusi apapun yang tidak membutuhkan data," kata Sugiharto, di sela pembukaan Focus Group Discusion (FGD) dalam rangka sosialisasi pelaksanaan survei disagregasi PMTB di Hotel Safira, Kamis (5/4).



Dia juga meminta agar pelaksanaan survei ini bukan hanya semata-mata karena kebijakan, atau karena kegiatan yang sudah dianggarkan, dan bukan pula karena perintah instansi diatas.



"Tetapi harus dilandasi/termotivasi atas manfaat dalam melaksanakan suatu kegiatan baik manfaat bagi diri sendiri, institusi/organisasi maupun manfaat bagi masyarakat," terangnya. 



Jika survei ini sukses dilaksanakan, lanjut Sugiharto, akan memberikan banyak manfaat yang dirasakan oleh berbagai pihak. Antara lain perencanaan pertumbuhan ekonomi yang lebih detail sehingga lebih akurat, dasar pengalokasian anggaran sesuai target pertumbuhan yang hendak dicapai, dan membantu  pemerintah dalam mengambil kebijakan iklim investasi.



Sementara itu, Kepala BPS Kota Magelang, Haryono mengatakan, tahapan survei disagregasi PMTB diawali dengan FGD, kemudian dilanjutkan dengan survei di lapangan.



"Sesuai tupoksi, BPS berkewajiban untuk menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Data didapat melalui kegiatan sensus, survey, kompilasi produk administrasi dan cara lain sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," ungkap Haryono. 



Dia menyebutkan, data yang dihasilkan nantinya adalah data makro baik data sosial, ekonomi maupun data lainnya. Adapun salah satu data ekonomi adalah data Produk Domestik Bruto (PDB) atau Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). 



"Dari data PDB atau PDRB tersebut dapat kita ketahui kondisi perekonomian suatu negara atau daerah," katanya. 



Sejalan dengan Prioritas Nasional tahun 2018, prioritas ke-4, yakni Pengembangan Dunia Usaha dan Pariwisata, salah satu program prioritasnya adalah Perbaikan Iklim Investasi dan Penciptaan Lapangan Kerja. 



"Agar program prioritas tersebut dapat berjalan baik, dibutuhkan data investasi fisik atau PMTB yang telah didisagregasi menurut institusi dan lapangan usaha," ujarnya. 



Cakupan wilayah kegiatan pendataan Survei Penyusunan Disagregasi PMTB 2018 dilaksanakan di 34 provinsi yang meliputi 514 kabupaten/kota di Indonesia. Waktu pelaksanaan survei ini akan dilaksanakan selama tiga bulan mulai bulan April sampai bulan Juni 2018.(Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply