Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Balitbang Gelar Workshop Robot Soccer Competition Tingkat Pelajar SLTP Tahun 2018


KOTA, kabarMagelang.com__Jelang pelaksanaan kompetisi robot pada 25 Juli 2018 mendatang, Pemerintah Kota Magelang melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menggelar workshop. Terdapat sedikitnya 100 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat dari 50 tim perwakilan 20 sekolah di Kota Magelang yang ikut dalam workshop ini.



Kepala Balitbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti mengatakan, workshop robot soccer competition tahun 2018 ini merupakan ajang uji ketrampilan, ajang latihan bagi anak-anak tingkat SMP sederajat.

"Workshop ini menjadi ajang latihan, berinovasi atau mencoba sesuatu yang baru melalui kompetisi robot. Para peserta diberikan materi berupa perakitan, pemrogaman, pengaplikasian, strategis dan kreativitas robot," jelas Arif di sela pembukaan Workshop Robot Soccer Competition di Borobudur International Golf And Country Club, Kamis (3/5).



Dia menambahkan, robot yang diciptakan nantinya adalah berupa robot non humanoid, sehingga akan lebih mudah dan praktis diaplikasikan.



"Saya berpesan, ikuti dengan seksama seluruh instruksi narasumber dan para pendamping. Bekerjasamalah sebagai sebuah tim yang hebat dan kompak," pesan Arif.



Untuk diketahui, lomba robot akan digelar 25 Juli 2018 mendatang sedangkan workshop hanya dilaksanakan satu hari ini saja dengan pembicara atau praktisi dari Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta.



Kompetisi robot yang bersifat gratis ini, dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan budaya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) bagi masyarakat, khususnya minat anak dan generasi muda terhadap sains melalui imajinasi, percobaan, dan permainan. Juga meningkatkan pengetahuan pelajar tentang robotika.



Kabid Pengembangan dan Harmonisasi Inovasi, Balitbang Kota Magelang, Catur Adi Subagyo menambahkan, pada saat lomba, para peserta akan mendapatkan fasilitas satu peralatan atau material robot, stiker, co-card, dan makan siang.



“Ukuran robot yang dilombakan panjang 20 cm, lebar 15 cm, dan tinggi 15 cm. Rangkaian kendali boleh dirancang berbasis non-programmable device/rangkaian analog maupun programmable device, seperti mikrokontroler ataupun menggunakan platform Arduino, Raspberri Pi dan sejenisnya. Robot digerakkan menggunakan remot control berbasis HP Android,” urainya.



Dalam kompetisi, lanjutnya, robot tidak diperbolehkan memiliki bagian yang dapat merusak lapangan atau robot lawan. Lalu tidak ada bagian apapun dari robot yang melebihi dimensi yang sudah ditentukan.



“Robot juga tidak boleh memiliki bagian penjepit atau bagian yang dapat mengurung bola. Tegangan maksimum pada robot 12 vehicle dynamic control (VDC) dengan toleransi lebih kurang 10 persen,” imbuhnya.(Kb.M1)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply