» » Kelompok Tani Ternak Kambing Etawa Ingon Menoreh Dinilai Tim Juri Tingkat Propinsi


Salaman, kabarMagelang.com__Tiga kelompok tani ternak binaan Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, dinilai Tim Juri Tingkat Jawa Tengah. Dan jika dinilai bagus kelompok tani ini dimungkinkan bisa maju ke tingkat nasional. Mereka adalah kelompok tani ternak 'Ingon Tani' Dusun Selorejo, Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman, Magelang  yang membudidayakan kambing.

Ketua Kelompok Tani Ternak Ingon Tani, Shoim mengaku bangga dan tidak percaya jika kelompoknya masuk tiga besar tingkat propinsi.

"Terus terang kami tidak menyangka bisa masuk tiga besar. Hari ini (kemarin), tiga kelompok tani kambing yang masuk tiga besar jawa tengah, dinilai untuk dipilih ke nasional. Doakan saja, bisa juara tingkat propinsi dan maju ke nasional," katanya, Rabu (19/6).

Diakui pihaknya jika kelompoknya fokus pada pembudidayaan kambing. Salah satunya kambing jenis Jawa Randu dan Peranakan Etawa (PE). Bahkan ada beberapa anggotanya yang sering ikut kontes kambing PE dan meraih juara. Saat ini, anggotanya ada sekitar 35 orang.

"Melimpahnya hijauan makanan ternak, membuat banyak warga yang memilih beternak kambing. Apalagi kondisi alamnya mirip dengan Kaligesing di Purworejo, yang selama ini dikenal sebagai sentra budidaya kambing PE. Akibatnya banyak warga yang ikut memilih beternak kambing jenis PE," ungkap Shoim.

Sementara Ketua Tim juri lomba kambing tingkat Propinsi Jateng, Ghofar Ismail menambahkan, jika di Jawa Tengah, ada tiga kabupaten yang dinilai untuk dipilih maju ke tingkat nasional. Selain Kabupaten Magelang, ada Kabupaten Pati dan Purworejo.

"Keunggulan kabupaten magelang dibanding dua yang lain, adalah sudah terintegrasi dengan pariwisata. Ini yang kami inginkan. Sehingga petani tidak hanya mendapatkan keuntungan dari sisi daging dan peranakan saja, tapi juga bidang lain, salah satunya wisata," ungkapnya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply