» » Antisipasi Kemarau Panjang, BPBD Siapkan Penambahan Hingga 600 Tanki Air Bersih


Mungkid, kabarMagelang.com__ Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang telah menyiapkan sebanyak 600 tanki bantuan air bersih, untuk mengantisipasi terjadinya kemarau panjang di sejumlah wilayah Kabupaten Magelang.

"Saat ini kita sudah menyiapkan 600 tanki, satu tankinya berisi 5000 liter air bersih," ungkap, Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, Selasa (30/7).

Edi menjelaskan, dari hasil breakdown tahun 2018 kemarin, BPBD Kabupaten Magelang telah menggelontorkan bantuan sebanyak 300 tanki air bersih. Kemudian pada tahun 2019 ini terjadi penambahan hingga 600 tanki.

“Penambahan tersebut karena diperkirakan tahun ini akan terjadi kemarau panjang,” jelasnya. 

Menurut informasi dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), untuk wilayah Jawa Tengah diperkirakan akan mengalami kemarau dari bulan Mei sampai dengan bulan September.

"Namun kita akan merasakan musim kemarau paling lama sekiar 9 sampai 15 pekan (3 bulan)," kata Edi.

Dia menyebutkan, ada beberapa Kecamatan yang perlu diantisipasi manakala terjadi kekeringan, antara lain, Kecamatan Borobudur, Salaman, dan Tempuran.

"Tapi hingga saat ini kita belum mendapatkan laporan atau permintaan droping air bersih," ungkapnya.

Saat ini BPBD Kabupaten Magelang sudah turun ke lapangan melakukan pendataan, serta tengah memikirkan solusi jangka panjang apabila benar-benar terjadi kemarau panjang.

"Contohnya seperti pembuatan sumur dan pipanisasi. Kita sedang berkoordinasi dengan SKPD terkait lainnya," pungkas Edi.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply