» » Transaksi Agri Flori Expo 2019 Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Kota, kabarMagelang.com--Pembukuan transaksi Agri Flori Expo (AFE) 2019 Kota Magelang di Gedung A Yani, yang sudah ditutup sejak Minggu (22/9) malam mencatatkan rekor baru. Total transaksi di acara yang dibuka selama tiga hari itu mencapai Rp205 juta.

Tidak hanya menjadi transaksi terbanyak sepanjang gelaran AFE, karena pada tahun ini pula jumlah pengunjung yang datang mencapai 14.300 pengunjung.

"Ada peningaktan signifikan dibandingkan dengan AFE tahun 2018 lalu, yaitu dari aspek pengunjung dan total omzet. Tahun lalu tak lebih dari 10.000 pengunjung kini jumlahnya mencapai 14.300 orang," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) usai menutup AFE 2019 Kota Magelang, kemarin.

Secara persentasi, total omzet naik 37 persen dibanding gelaran yang sama tahun lalu. Kemudian, pengunjungnya naik 40 persen dari AFE tahun 2018.

"Tentunya sangat membanggakan, Kota Magelang yang kecil rupanya potensi transaksi komoditas flori-nya bisa tembus Rp200 juta. Ini sebuah potensi besar yang perlu untuk terus digali dan ditingkatkan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Eri juga menyerahkan piagam penghargaan kepada pengelola stand yang berpastisipasi dan trophy kepada stand terbaik dalam penyelenggaraan AFE 2019. Terpilih sebagai stand terbaik dari Magelang Orchid Society (MOS), diikuti Komunitas Aquascape Magelang, dan Republik Terwelu.

Dasar penilaian stand, katanya, mencakup tentang penataan/dekorasi stand, inovasi, pelayanan kepada pengunjung, dan kebersihan stand.

"Mudah-mudahan penilaian stand terbaik ini dapat memotivasi para peserta untuk tampil lebih baik dan inovatif tahun depan,” ungkapnya.

Tak kalah membanggakan dari AFE adalah gelaran Kontes Aglaonema Tingkat Nasional. Tahun ini ada peningkatan jumlah peserta dan daerah asal dibandingkan tahun lalu.

"Tahun lalu jumlah peserta masih di kisaran angka 234, tahun ini sudah mencapai 375 peserta dari sejumlah daerah di Pulau Jawa antara lain Provinsi Jawa Timur, DI Jogjakarta, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Medan hingga Gorontalo," imbuh Eri.

Seperti diketahui, kontes aglaonema yang digelar sebelum penutupan kegiatan AFE, memperlombakan 7 kelas antara lain kelas Tunggal Lokal, Rumpun Lokal, Juvenil, Tunggal Dewasa, Rumpun Snowhite, Rumpun Non Snowhite, dan Kochin. Dalam kontes ini, Kediri tampil menjadi Juara Umum dengan menyabet mayoritas juara di sejumlah kelas kontes.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply