Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » HSN Wali Kota Magelang Apresiasi Santri Uswatun Hasanah

KabarMagelang.com--Empat santri menerima apresiasi dari Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito usai upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di halaman MAN Payaman Magelang, Selasa (22/10). Mereka dinilai layak menjadi santri uswatun hasanah (teladan) karena rela menuntut ilmu dengan mengabdikan diri menjadi santri di pondok pesantren di Kota Magelang.

Dari empat santri tersebut, dua orang termasuk santri termuda di Kota Magelang yakni M. Miftahil Babil Yasar (6) asal Kota Magelang dan Ashya Zulfaa (9) asal Kota Bekasi. Kedua 'nyantri' di Pondok Pesantren Selamat.

"Mereka ini sebagai contoh anak-anak yang berani menjadi santri sejak usia dini," ujar Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, usai memberikan bingkisan.

Dua santri lagi merupakan santri tertua, yakni Barkah (80) asal Kampung Tulung, Kelurahan Magelang dan Siti Jamhanah (93) asal Kampung Ringinanom, Kelurahan Kramat Selatan. Mereka belajar agama di Majlis Taklim Zahrotun Nisa' Cacaban.

"Dua ibu ini contoh orang-orang yang telah lanjut usia tetapi tetap gigih mengaji, rutin hadir dua kali sepekan belajar ngaji di Majlis Taklim Zahrotun Nisa'," imbuhnya.

Sigit yang didapuk menjadi inspektur upacara HSN 2019 tingkat Kota Magelang itu menyampaikan momentum peringatan HSN sejalan dengan visi Kota Magelang sebagai kota jasa yang modern dan cerdas, berlandaskan masyarakat sejahtera dan religius.

"Secara eksplisit, seluruh elemen masyarakat bersatu, bersinergi dan bekerjasama didalam mewujudkan visi Kota Magelang," tuturnya.

Menurut Sigit, tema HSN 2019 yakni "Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia" sangat tepat dan relevan karena semangat dan cita-cita luhur santri yang penuh dedikasi tinggi, mampu menjunjung tinggi kehormatan bangsa negara dan perdamaian dunia, harus dipertahankan dalam kehidupan sehari-hari.

Barkah (80), salah satu santri tertua yang menerima apresiasi, mengaku senang menerima bingkisan apresiasi dari orang nomor satu di Kota Magelang itu. Meski usia tidak muda lagi Barkah tidak lelah terus menuntut ilmu.

"Senang sekali, alhamdulillah. Tidak menyangka dapat hadiah. Alhamdulillah saya maish diberi kesehatan sehingga masih bisa ngaji rutin," tutur Barkah.

Sementara itu, Ketua Panitia HSN 2019 Kota Magelang, Abdurrosyid, menyebutkan upacara peringatan HSN 2019 tingkat Kota Magelang diikuti oleh sekitar 1.000 santri perwakilan dari 8 lembaga dan Badan Koordinasi (Badko) TPQ se-Kota Magelang.

Tahun ini, panita memberikan penghargaan santri uswatun hasanah sebagai bentuk apresiasi atas semangat santri termuda dan tertua dalam menuntut ilmu agama. Apresiasi berupa peralatan shalat.

"Kedepan penghargaan akan disesuaikan dengan bidang atau aspek tertentu. Kalau sekarang masih bersifat umum," ungkap Rosyid yang merupakan Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Kota Magelang itu.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply