Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » TP PKK Canangkan "Kelompok Warga Peduli Kanker Kota Magelang 2019"


kabarMagelang.com__Tim Penggerak (TP) PKK Kota Magelang mencanangkan Kelompok Warga Peduli Kanker Tingkat Kota Magelang 2019. Pencanangan ini merupakan komitmen TP PKK se-Kota Magelang dalam mewujudkan "Keluarga Sadar Sehat" khususnya upaya penanggulangan penyakit kanker.

Ketua TP PKK Kota Magelang, Yetti Biakti Sigit Widyonindito, menuturkan pencanangan ini merupakan wadah untuk penyuluhan, sosialiasi iva test serta menggerakkan masyarakat agar peduli akan deteksi dini gejala kanker. 

"Harapan kami, dengan adanya pembentukan warga peduli kanker maka kader – kader PKK akan lebih aktif lagi dalam pengobatan terapi kanker," jelas Yetti, disela kegiatan, di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, Rabu (13/11).

Menurutnya, TP PKK dapat bekerja sama dengan Puskesmas melakukan pendampingan dan pemeriksaan dengan mendatangi langsung masyarakat, serta dapat membantu proses rujukan ke rumah sakit serta memfasilitasinya.

Dijelaskan, salah satu bentuk deteksi dini gejala kanker adalah dengan iva test. Ia pun mengimbau kepada para ibu untuk tidak malu dan takut memeriksakan diri guna mencegah akan hal – hal yang tidak diinginkan bersama, khususnya menyangkut keselamatan dan kesehatan organ intim wanita.  

Pihaknya berharap kegiatan pendeteksian dini ini dapat berjalan dan dilakukan secara berkala dari tingkat kelurahan, kecamatan dan seterusnya. Hal ini tidak lain untuk menjaga dan menyelamatkan aset wanita agar terhindar dari penyakit dan yang pasti untuk menjaga jenjang keharmonisan hubungan dalam berumah tangga.

"Jangan takut dan jangan malu, periksanya tidak lama dan tidaklah sakit namun khasiat dan kegunaannya sangatlah berpengaruh bagi kaum hawa," tandas Yetti.

Pada kesempatan tersebut, TP PKK Kota Magelang juga melakukan penandatangan MOU dengan Yayasan Kanker Indonesia cabang Magelang, tentang program penanggulangan penyakit kanker. Adapun narasumber yang dihadirkan yakni dr. Yuliaji Narendra Putra dari RSUD Tidar Kota Magelang.

"Upaya pencegahan harus terus diupayakan dengan tak bosan – bosannya melakukan penyuluhan, sosialisasi serta pemeriksaan agar masyarakat Kota Magelang senantiasa  sehat dan semakin peduli terhadap kesehatannya," tuturya.

Ketua Panitia kegiatan, Dwi Arni Joko Budiyono, memambahkan maksud dan tujuan pencanangan adalah untuk mengoptimalkan peran masyarakat terhadap penyakit kanker, kampanye penurunan angka kejadian kanker dengan program pola hidup sehat dan deteksi dini kanker.

"Ini komitmen bersama, dalam mewujudkan keluarga sadar sehat untuk memahami pola hidup sehat, khususnya dalam upaya penanganan penyakit kanker," jelas Dwi.

Kemudian mendukung program pencegahan kanker secara dini dan memperluas edukasi mengenai gejala kanker, meningkatkan kesadaran para perempuan untuk lebih peduli terhadap deteksi dini kanker payudara & kanker serviks melalui sadari dan iva test.

"Kami juga berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat “cerdik” yang meliputi : cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin berolahraga, diet seimbang, istirahat yang cukup, kelola stress," paparnya.

Dan hal terpenting adalah memberikan dukungan moral kepada penderita dan keluarganya serta membantu meningkatkan perhatian dan dukungan akan pengobatan serta perawatan paliatif dari penyakit kanker.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply