Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Baru Disporapar Kota Magelang Tempati Bangunan Peninggalan Hindia-Belanda

KabarMagelang.com--Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang menempati kantor baru di Jalan Diponegoro 33, Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah. Sebelumnya OPD ini berkantor di Jalan Gatot Soebroto Kota Magelang.

Uniknya, kantor Disporapar ini merupakan salah satu bangunan kuno peninggalan jaman Hindia-Belanda. Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Kota Magelang telah mengusulkan bangunan tersebut sebagai cagar budaya.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, mengaku sebelum diperbaiki pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak ketiga agar tetap mempertahankan bentuk bangunan agar tetap terjaga keasliannya.

“Sudah kami lakukan sebelum bangun. Kami pemerintah taat dan patuh, bentuknya tidak kami ubah,” jelasnya.

Meski demikian, ada beberapa bagian bangunan yang harus diganti lantaran sudah lapuk termakan usia.

“Kalau ada konstruksi yang mengkhawatirkan kami ganti. Tapi bentuk aslinya kami pertahankan. Termasuk atap diganti. Namanya puluhan tahun kondisi bangunan tapi bocor lama-lama lapuk,” jelasnya.

Setelah menempati kantor baru, Sigit meminta kepada jajaran Disporapar untuk lebih optimal dalam bekerja dan melayani masyarakat. Setidaknya ada tiga hal strategis yang harus dioptimalkan, yakni kepemudaan, olahraga dan pariwisata.

Kepala Disporapar, Jarwadi, menjelaskan rehab kantor Disporapar dimulai sejak 19 Juli 2019 dan selesai 24 Desember 2019. Salah satu yang masih dipertahankan keasliannya yakni bagian lantai, dinding, pintu, dan jendela.

"Ada bangunan lama yang kita pertahankan, hanya diganti atapnya saja. Untuk lantai, dinding, pintu, hanya dipermak, dicat saja agar lebih artistik," ujarnya.

Namun, karena kebutuhan kantor pemerintahan, di sampingnya ditambah bangunan baru. Selain itu, ada pula ram untuk pengguna kursi roda atau penyandang disabilitas.

Dalam bangunan baru tersebut ada kantor tiga bidang, di antaranya Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata. Selain itu, ada pula ruang rapat di lantai 1 dan aula di lantai 2.

Selain itu, gedung ini nantinya juga memiliki fungsi pelayanan. Di bagian depan terdapat Tourism Information Center (TIC). Setiap wisatawan dapat mengakses info wisata di Kota Magelang.

Adapuun dalam tasyakuran penempatan gedung baru dilakukan dengan memotong tumpeng dan pengguntingan roncean melati. Hadir Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, Sekretaris Daerah Joko Budiyono, sejumlah Kepala OPD, perwakilan Polres Magelang Kota, Kodim 0705 Magelang,  Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), praktisi wisata dan tokoh masyarakat.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply