Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Walikota Bangga Budaya Gotong Royong Masih Kuat di Kota Magelang


kabarMagelang.com__ Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito merasa senang dengan budaya gotong royong yang ditunjukkan oleh masyarakat Potrobangsan terkait kejadian musibah ambruknya cabang pohon beringin besar yang menimpa rumah warga.

Hal itu diungkapkan Sigit saat mengunjungi lokasi musibah cabang pohon beringin besar yang tumbang menimpa beberapa rumah warga di Kampung Beliksari, Potrobangsan, Magelang Utara pada Kamis (27/2/2020).

“Senang sekali melihat semua masyarakat bergerak, mulai dari warganya, pak RT, pak RW, dan Lurah sudah mempunyai prakarsa dan inisiatif untuk segera memperbaiki kerusakan. Jadi masyarakat yang tertimpa musibah bencana  tidak kecil hatinya, tidak susah, tetap semangat, sehingga masih masih bisa makaryo (bekerja) seperti biasa,” ujarnya.

Budaya gotong-royong memang merupakan modal sosial yang kuat bagi daerah untuk meraih kesejahteraan bersama. Apalagi ditengah derasnya arus globalisasi yang menyebabkan masyarakat cenderung individualis. Oleh karenanya, Sigit mengajak agar budaya gotong royong ini dapat dilestarikan.

“Jadi budaya gotong royong ini di Kota Magelang harus dilestarikan. Karena orang susah itu tidak direncanakan. Jadi kalau ada tetangga yang tertimpa bencana, dan banyak yang membantu kan jadi terasa ringan,” ujarnya.

Sigit menyampaikan, meskipun dirinya sudah menerima laporan tindak lanjut penanganan musibah ini, namun dia tidak merasa puas jika belum mengunjungi warganya.

“Saya ingin melihat secara langsung, karena kalau secara tertulis saya sudah membaca laporan dari Camat dan Kabag Kesra berkaitan dengan musibah yang terjadi beberapa waktu yang lalu," katanya.

Pada kesempatan itu, Sigit juga menyerahkan bantuan kepada 5 warga yang rumahnya rusak tertimpa pohon. Secara simbolis, bantuan sebesar Rp 15 juta itu diserahkan kepada Sudiyono warga yang rumahnya paling parah terdampak pohon tumbang.

Sedangkan warga lainnya, menerima masing-masing Rp 1,5 juta. Selain itu, juga disampaikan bantuan kepada RW 10 kelurahan Kedungsari terkait dengan permohonan rehab Joglo Makam Sidotopo.

Camat Magelang Utara, Mahmud Yunus menjelaskan, setelah kejadian warga secara  serempak beserta unsur terkait, dan seluruh komponen masyarakat telah mengadakan kerja bakti untuk membersihkan lokasi. Selanjutnya dari hasil musyawarah warga, mereka sepakat untuk menebang cabang-cabang pohon beringin besar itu supaya tidak membahayakan.

“Maka pada tanggal 3 sampai dengan 12 Februari dilaksanakan penebangan pohon,”ujarnya.

Yunus menambahkan, banyak pihak yang telah menyalurkan bantuan baik moral maupun materiil, antara lain Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah, PMI, Baznas, dan sebagainya. (Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply