Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » » Pemkot Magelang dan Untidar Teken Kesepakatan Bidang Pendidikan hingga Pengabdian Masyarakat

kabarMagelang.com__Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang dan Universitas Tidar (Untidar) Magelang menjalin kerjasama dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Kota Magelang. Nota kesepakatan ditandatangani kedua pihak, yakni Wali Kota Magelang dr. H. Muchamad Nur Aziz, Sp.PD dan Rektor Untidar  Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc, di ruang sidang lantai 2 kompleks kantor Wali Kota Magelang, Senin (3/5/2021).

Dalam nota kesepakatan bernomor: 130.13/5/111/2021 dan 739/UN57/KS/2021 itu tertulis maksud dan tujuan kerjasama adalah untuk saling memanfaatkan sumber daya antara keduanya pada obyek dan ruang lingkup bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Kota Magelang.

Selain 3 bidang itu, juga bidang pengembangan, pengkajian, pemetaan, dan penyusunan kebijakan perencanaan pembangunan; serta bidang-bidang lain yang disepakati  sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan.

Dokter Aziz, panggilan dr. H Muchamad Nur Aziz, menjelaskan nota kesepakatan ini diharapkan bisa bermanfaat bagi Pemkot Magelang, dan Untidar. Kesepakatan ini berlaku untuk jangka waktu 2 tahun terhitung sejak tanggal ditandatangani kesepakatan dan dapat diperpanjang dengan persetujuan kedua pihak.

Menurut Dokter Aziz, keberadaan perguruan tinggi atau universitas turut mempengaruhi kemajuan sudah sebuah kota. Maka ia pun mendorong Untidar dan universitas lainnya di Kota Magelang untuk meningkatkan kualitas.

"Sebuah kota kalau maju kita harus mendorong universitas jadi maju, jadi "saka guru". Pemerintahan akan semakin baik juga dari kemajuan universitas," kata Dokter Aziz, disela-sela penandatanganan nota kesepakatan tersebut, Senin (3/5/2021).

Selama ini, kebanyakan orang Magelang lebih memilih untuk sekolah atau kuliah di universitas luar daerah seperti Semarang, Yogyakarta, Jakarta hingga Bogor. Ia pun ingin Untidar memiliki kualitas serupa sehingga diminati masyarakat.

"Kebanyakan orang Magelang suka sekolah di luar daerah, seperti UGM, UI, UNDIP, ITB dan lainnya. Saya harap Untidar juga begitu, jadi universitas kebanggaan Kota Magelang," ungkapnya.

Bahkan, Untidar yang sudah berstatus negeri ini bukan tidak mungkin membuka fakultas kedokteran. Fakultas ini dinilai masih dibutuhkan, apalagi Kota Magelang menjadi rujukan daerah sekitar Kedu.

Keberadaan Untidar juga berdampak positif bagi lingkungan sekitar, terutama dari sisi ekonomi.

"Di sekitar universitas hadu ada bisnis masyarakat, misalnya bisnis kos-kosan, harga tanah juga jadi lebih mahal. Artinya ada dampak positif dari segi ekonomi di sekitar universitas," pungkasnya. (Kbm2).

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply