Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » » UPT PSC 119 Optimalkan Layanan Kesehatan Warga Kota Magelang

kabarMagelang.com__Kota Magelang kini memiliki UPT PSC 119 yang mewadahi semua layanan kesehatan pra rumah sakit bagi masyarakat agar lebih optimal. Layanan tersebut meliputi layanan Jemput Sakit Antar Sehar, Layanan Si Amor, Layanan home care maupun layanan pra fasilitas kesehatan lainnya.

Peresmian UPT PSC 119 dilaksanakan bersamaan dengan apel pagi karyawan di halaman belakang kantor Pemerintah Kota Magelang, Selasa (25/1/2022). Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis ambulans pelayanan kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Magelang Nasrudin menjelaskan,layanan Jemput Sakit Antar Sehat merupakan salah satu program unggulan Wali Kota Magelang bidang kesehatan yang dilaksanakan atau diampu oleh PSC 119.

Konsep awal PSC 119 sebagai pemberi layanan kegawatdaruratan medik pra rumah sakit, artinya bahwa PSC 119 Magelang Emergency service ini hanya memberikan layanan pada kondisi yang mengancam jiwa yang bila tidak segera tertangani menyebabkan kematian.

Namun dengan adanya program layanan Jemput Sakit Antar Sehat ini dapat dikembangkan bukan hanya pelayanan emergency saja, namun juga layanan antar jemput pasien kontrol rutin maupun antar pasien lepas rawat dari rumah sakit.

Kemudian, layanan Siaga Among Raga (Si Amor) memfasilitasi layanan bagi para lansia yang membutuhkan kontrol rutin ke rumah sakit dengan menjemput, mendampingi selama proses pemeriksaan dan mengantarnya kembali sampai kerumah.

"Layanan ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis untuk masyarakat yang berada di Kota Magelang," tandas Nasrudin.

Adapun  UPT PSC 119 diperkuat sumber daya manusia (SDM) sebanyak 25 orang yang dibagi dalam 3 shift jaga, terdiri dari 1 orang dokter, 12 perawat, 3 call center dan 9 orang driver.

Adapun sarana yang dimiliki saat ini berupa 2 unit mobil ambulans sebagai modal awal PSC 119 Kota Magelang.

"Alhamdulillah saat ini kami mendapatkan tambahan 1 unit ambulans dengan standar gawat darurat, 2 unit ambulans transport yang kita gunakan untuk layanan Jemput Sakit Antar Sehat dan layanan Si Amor, serta 1 unit mobil jenazah," papar Nasrudin.

Dikatakan Nasrudin, kepala UPT PSC 119 dan Kepala Sub Bagian TU saat ini masih dijabat oleh Pelaksana tugas (Plt). Oleh karena itu pihaknya berharap jabatan tersebut segera didefinitifkan supaya lebih fokus dalam pelayanan.

Dia mengakui, sejauh ini belum semua peralatan standar ada di dalam ambulans, namun pihaknya berupaya agar segera terpenuhi sehingga pelayanan masyarakat semakin maksimal.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz (Dokter Aziz) mengungkapkan, keberadaan UPT PSC 119 ini merupakan salah satu kebaikan kepada masyarakat. UPT ini akan semakin luas apa yang bisa diberikan kepada masyarakat Kota Magelang.

"Keberadaan UPT PSC 119 ini menandakan penanganan kegawatdaruratan di Kota Magelang lebih baik dan lebih paripurna. Layanan Jemput Sakit Antar Sehat juga menjadi lebih baik, kita bisa kerjasama dengan Polres Magelang Kota, swasta dan instansi lain," tutur Dokter Aziz.

Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin menambahkan, keberadaan UPT PSC 119 ini merupakan inovasi Pemkot Magelang dalam memberikan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan.

"Ini luar biasa, belum tentu di daerah lain memiliki layanan seperti ini," imbuh Asep. (Kbm2).

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply