Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Anjing Pelacak Polres Magelang Lacak Narkoba

kabarMagelang.com__Satsamapta Polres Magelang menggelar peragaan  anjing pelacak narkoba dan  anjjng pengendali massa di halaman depan Polres Magelang, Senin (04/07/2022).

Dalam peragaan tersebut, anjing pelacak diarahkan untuk mencari kotak( box)  yang salah satunya berisikan narkoba pada bagian dalamnya. Tak hanya itu, para personel kepolisian yang hadir dalam kegiatan apel jam pimpinan pun turut dideteksi apakah dari puluhan anggota tersebut ada yang  menggunakan Narkoba.

Kapolres Magelang Muhammad Sajarod Zakun mengatakan, peran dan fungsi strategis unit K-9 atau yang dikenal unit anjing pelacak merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam tugas kepolisian dalam situasi tertentu.

"Peragaan ini untuk melihat kemampuan K-9 dalam melaksanakan tugas tertentu yakni peran teknis untuk proses penyelidikan seperti pelacakan narkoba maupun pengendalian massa. Hari ini kami turunkan seekor anjing pelacak narkoba dan seekor anjing pengendalian massa atau demo (dalmas). Dari simulasi tidak ditemukan personel yang memakai narkoba,"ujarnya pada Senin (04/07/2022).

Ia menambahkan, pelacakan dengan anjing salah satu kegiatan kepolisian represif yang menggunakan naluri kodrat alamiah anjing  dan ketrampilan manusianya ( pawang) untuk menyelenggarakan kegiatan pelacakan.

"Gunanya untuk mencari orang atau 'benda' berdasarkan bekas-bekas atau jejak yang ditinggalkan,"tuturnya. 

Adapun, satwa anjing yang dipakai untuk membantu tugas kepolisian sudah terseleksi melalui spesifikasi teknis.

Ditentukan dan lulus dari pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan penugasan kepolisian.

"Saat ini, Polres Magelang memiliki 4 jenis anjing pelacak K-9 yakni  jenis anjing Belgian Malinoise bertugas lacak umum, jenis German Shepperd bertugas lacak narkoba, jenis Dobberman dan Rootweiller bertugas pengendalian massa," pungkasnya.(kbm2).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply