Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » BOB Laonching Tari Soledo Gelangprojo di Borobudur

kabarMagelang.com__Badan Otorita Borobudur (BOB) melaonching tari “Soledo” Gelang Prpjo di Marga Utomo Komplek Candi Borobudur Magelang, Senin (15/8/2022) malam. “Soledo” Gelang Projo adalah sebuah kreasi tari kolosal yang melibatkan 108 penari ini, merupakan kolaborasi tari Soreng dari Kabupaten Magelang, tari Lengger dari Kulon Progo, dan tari Dolalak dari Purworejo.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam sambutannya melalui virtual sangat mengapresiasi diluncurkannya Tari Soledo Gelangprojo.

"Penciptaan karya seni pertunjukan yang merupakan simbol pemersatu dan kekompakan tiga kabupaten ini sejalan dengan strategi yang saya ciptakan, yaitu geber [gerak bersama], gercep [gerak cepat], dan gaspol [garap potensi], sehingga berdampak positif dalam meningkatkan atraksi dan daya tarik wisata di Destinasi Superprioritas Borobudur," katanya.

Direktur BOB, Indah Juanita mengungkapkan tujuan dari kolaborasi tari ini selain untuk mempromosikan atraksi budaya yang ada di kawasan Pegunungan Menoreh, juga merupakan upaya menggeliatkan seni budaya sebagai pemersatu dan kekompakan tiga daerah di dua provinsi yaitu Jogjakarta dan Jawa Tengah.

"Tari Soledo ini melibatkan 108 penari, 48 pengrawit, dan 3 koreografer. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan dapat meningkatkan atraksi di Destinasi Superprioritas Borobudur, sehingga nilai-nilai budaya tetap terjaga,” jelasnya.

Dia menyebutkan tari Soledo merupakan kolaborasi Tari Soreng (Kabupaten Magelang, Jawa Tengah), Lengger Tapeng (Kulonprogo, DIY), dan Dolalak (Purworejo, Jawa Tengah).

“Adapun nama Gelangprojo merupakan gabungan dari kata Magelang, Kulonprogo dan Purworejo,” ujar Indah.

Indah menegaskan tarian tersebut nantinya akan digunakan sebagai tarian penyambutan atau pada event-event tertentu.

"Selain itu besok akan disosialisasikan ke sanggar-sanggar dan sekolah sekolah di tiga Kabupaten yang ada agar dilestarikan," ujarnya.(Kbm2).

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply