Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Bawaslu Kabupaten Magelang Lantik 63 Panwascam di Hari Sumpah Pemuda

KabarMagelang.com__Sebanyak 63 pengawas pemilu kecamatan Kabupaten Magelang dilantik secara resmi di Hotel Atria Magelang, Jumat 28/10/2022. Ke-63 panwascam terlantik tersebut merupakan hasil seleksi ketat dari 632 pendaftar Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Magelang.

Pelantikan dilakukan Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M Habib Shaleh dengan disaksikan Forkopimda Kabupaten Magelang, pimpinan Bawaslu Kabupaten Magelang, Korsek Bawaslu Kabupaten Magelang Anni Syarifah serta staf Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Yang menarik, pelantikan dan pengucapan sumpah janji dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 

“Kami sengaja mengambil momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022 untuk pelantikan ini. Panwascam terlantik mengucapkan sumpah dan janji. Ini adalah janji kepada Allah SWT dan sesama manusia yang harus ditepati dengan riang gembira. Dengan semangat Sumpah Pemuda, kami ucapkan selamat menjalankan tugas pada Panwascam terlantik,” tandas Habib dalam pelantikan.

Habib menjelaskan proses seleksi Panwascam 2022 sangat ketat karena tingginya animo masyarakat menjadi penyelenggara pemilu. Ia berharap hal ini akan berkorelasi kepada kualitas Panwascam yang terpilih. Dikatakan bahwa sebagai seorang penyelenggara pemilu anggota Panwascam telah menjadi public figure di kecamatan masing-masing.

Dengan demikian, seorang anggota Panwascam harus mampu bersikap dan bertindak sebagai pejabat publik. Panwascam harus mampu menjaga tutur kata, perilaku, jeli, bijak, serta cermat dan bijak dalam menjalankan tugas. “Seorang pengawas pemilu dituntut untuk selalu menjaga integritas, kapabilitas, netralitas, profesionalisme dan loyalitas,” tambah Habib.

Habib juga mendorong Panwascam terlantik untuk meningkatkan kapasitas diri dengan memperbanyak bacaan, pengalaman, jaringan, dan wawasan. Selanjutnya, para Panwascam juga diminta untuk segera berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan camat, danramil, para kepala desa dan tokoh masyarakat serta tokoh agama.

“Untuk mempermudah pelaksanaan tugas, Panwascam kami dorong untuk melakukan ansos atau analisasa sosial guna memahami daerah masing-masing. Hal ini penting untuk memetakan kerawanan dan potensi pelanggaran. Dengan memahami kerawanan maka kita akan bisa menyusun langkah-langkah pencegahan potensi pelanggaran,” kata Habib.

Sementara itu, Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang, Drs Asfuri Muhsis, menyampaikan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Magelang mengucapkan selamat kepada para anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Magelang yang baru saja dilantik. Pemkab Magelang berharap seluruh Panwascam sukses dalam melaksanakan fungsi dan kewajibannya sebagai Panwaslu Kecamatan.

"Ada beberapa tugas penting Panwaslu selama Pemilu yaitu mengawal pemilihan di tingkat desa/kelurahan seperti pemutakhiran data pemilih, pengawasan verifikasi faktual calon perseorangan, memantau pelaksanaan kampanye hingga perlengkapan dan pendistribusian alat pemungutan suara," kata Asfuri.

Asfuri mengingatkan, semua anggota Panwascam harus memiliki solidaritas dan sinergitas yang baik dengan semua mitra kerja selama proses Pemilu berlangsung. Solidaritas dan sinergitas ini dinilai penting dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan Pemilu 2024.

Terkait hal tersebut, Asfuri mengharapkan semua petugas baik Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), Panwascam dan mitra bisa bersinergi sesuai aturan yang berlaku guna memaksimalkan proses Pemilu di Kabupaten Magelang. (Kbm2).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply