Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kaisar Jepang Naruhito Sangat Terkesan Kunjungi Candi Borobudur

kabarMagelang.com__Kunjungi Candi Borobudur, Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito, disambut
dengan hangat oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Febrina Intan dan Kepala Unit Borobudur, Mendut dan Pawon UPT Museum & Cagar Budaya, Wiwit Kasiyati. Kamis (22/6/2023). Naruhito tiba di Candi Borobudur pukul 08.15 hingga 08.59 dan langsung menaiiki tangga Candi hingga ke lantai 9, dengan didampingi pemandu  Mura Aristina.

Kedatangan Kaisar Naruhito ke Candi Borobudur ini merupakan rangkaian kegiatan Kaisar saat melakukan lawatan ke Indonesia, memenuhi undangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Kunjungan Kaisar Naruhito ini merupakan nostalgia memori kunjungan masa lampau ayahanda, Kaisar Akihito, yang pernah berkunjung ke Candi Borobudur pada tahun 1991 silam.

Kaisar Jepang Naruhito menegenakan kemeja batik Truntum warna abu abu, saat menaiki Candi Borobudur juga berkenan mengenakan sandal Upanat yang biasa digunakan oleh pengunjung pada umumnya. Dan selama berada di Candi Borobudur, kunjungan wisata ditutup untuk umum.

Usai Turun dari Candi Borobudur, Naruhito sempat melakukan photo di plataran dengan biground Candi Borobudur, serta memberikan kesempatan para wartawan untuk mengabadikan moment tersebut, bahkan Naruhito dengan tersenyum sambil melambaikan tanganya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, usai mendampingi Naruhito hingga ke lantai 9, mengatakan bahwa dia mendampingi Naruhito bersama dengan duta besar Jepang untuk Indonesia mengikuti penjelsana dari Mura Aristiana memberikan penjelasan kepada Naruhito.

“Tadi kita mendengarkan penjelasan dari Pak Mura, saya dan Duta besar mendampingi Kaisar dari belakang terus kemudian kita mendengarkan penjelasan dari pak Mura, ternyata beliau sangat entertaining. Saya melihat kaisar sangat senang, sangat impresif melihat mengikuti karena guidenya keren,” ujarnya.

“Tadi juga selfie, sebelum tadi kita bertemu rasa-rasamya protokolnya ketat begitu ketemu sangat humble,” kata Ganjar.

 

Dalam kesempatan tersebut Ganjar juga mengaku, sempat berbicara banyak hal termasuk ajakan Duta besar Jepang untuk berkunjung ke Jepang.

 

“Kita bisa bicara banyak hal. Banyak sekali tadi yang dibicarakan, tadi pak Duta Besar langsung bicara dengan saya dan beberapa tokoh penting. Tadi bisik-bisik ke saya kapan bisa ke jepang?, saya bilang harus menyelesaikan tugas dulu. Rasa-rasanya dalam waktu pendek belum Bisa,” ungkapnya.

 

Orang nomor satu di Jawa Tengah ini menegaskan kunjungan Kaisar Jepang ke Indonesia ini nbaru pertama kalinya dan sangat menarik.

 

“Dan, ini yang menarik karena kunjungan Kaisar Naruhito itu untuk pertama kali di Indonesia dalam waktu tujuh hari, dan ini belum pernah terjadi. Menurut saya itu tanda keakraban dua negara antara Jepang dan Indonesia, ini begitu penting. Ini yang mesti kita utilisasi agar membuahkan hasil yang lebih penting apakah diplomatik, politik, ekonomi, b to b, agar kemudian kita bisa memanfaatkan hubungan baik ini,” jelas Ganjar.

 

Ganjar menambahkan, ada beberpa kesan yang disampaikan Naruhito saat berada di Candi Borobdur, diantaranya tentang filosofi, teknologi dan lainya.

“Banyak sekali filosofinya terkesan, teknologinya terkesan, terus kemudian cerita narasi yang diceritakan bagus banget, jadi sangat terkesan. Sehingga banyak ekpresi yang saya lihat dari Naruhito “wow, wow”. Itu pasti menunjukkan kesan yang sangat hebat itu, tapi hanya beliau yang bisa merasakanya,” pungkas Ganjar.(kmgl/az).

 

 

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply