Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » KPU Berharap PPK Mampu Sosialisasikan Tahapan Pemilu Melalui Media Sosial

kabarMagelang.com__Dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan media sosial dan website, KPU Kabupaten Magelang menggelar pelatihan kehumasan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se- Kabupaten Magelang di Shakila White house Resto & Café. Kegiatan dengan materi jurnalistik dan desain grafis yang dilaksanakan selama dua hari (14 s/d 15 Juni 2023) tersebut mengahdirkan beberapa narasumber diantaranya dari Diskomimfo Kabupaten Magelang dan Pimred salah satu media.

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffudin, S.Ag dalam sambutanya mengatakan pelatihan kehumasan ini diharapkan bisa menambah kemampuan seluruh peserta pelatihan dalam menyebar luaskan informasi terkait tahapan pemilu dengan penyampaian melalui media yang menarik.

“Sosialisasi tahapan Pemilu melalui media sosial, saat ini lebih menarik khususnya bagi kaum milenial. Kita berharap anggota PPK yang mengikuti pelatihan ini nantinya mampu menyampaikan tahapanya kepada masyarakat melalui media sosial yang dikelolanya,” ungkapnya.

Narasumber pelatihan sesi pertama Mukhotib MD pemimpin redaksi dari Makjegagik.id yang menyampaikan materi teknik jurnalistik.memberikan matari bagaimana cara pengambilan gambar hingga menyusun sebuah berita,  dan cara menyajikannya melalui media sosial dengan efektif tanpa mengurangi 5W+1H namun tetap menarik minat pembaca.

“Menulis berita adalah mengejar moment yang berisi laporan tentang peristiwa terkini. Nilai berita adalah ketepatan waktu, sesuatu yang baru, sesuatu yang terjadi di masa kini sehingga menjadi nilai berita,” ujarnya.

Sementara narasumber kedua Fauzi Bayu Sejati, S.Kom dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang. menyampaikan teknis editing video. Membuat digital content yang menarik harus memperhatikan orisinalitas karya, menghibur, informasi kuat, menginspirasi, dan call to action.

“Sebuah konten harus ada referensi konsep dan riset di lapangan. Penyusunan naskah penting kita perhatikan, harus memilih waktu dalam pengambilan gambar, misalnya  pagi dan sore. Kemudian adanya narasi, karena itu penting kita pikirkan baik dalam satu frame atau berbeda frame. Posisi voice juga harus menyesuaikan karena berhubungan dengan pelafalan," jelas Fauzi.

Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM KPU Kabupaten Magelang, Dwi Endys Mindarwoko, SE berharap adanya pelatihan ini mampu membekali seluruh peserta dengan pengetahuan content dan kepenulisan berita.

“Kedepannya, seluruh peserta produktif menyusun berita terkait tahapan penyelenggaraan pemilu dan menggunggah berita tersebut melalui media sosial resmi penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan masing-masing, sehingga masyarakat dengan mudah dapat mengakses dan memperoleh berita terkini yang mencakup setiap tahapan pemilu dari tingkat KPU Kabupaten Magelang hingga tingkat PPK,” tandas Endis.(kmgl/az).

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply