Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Ketep Summit Festival ke-5 Ajang Promosi dan Pengembangan Pariwisata Melalui Potensi Seni Budaya

EDISI Jumat 21 Juli 2023

Kepala Dinas Disparpora Kabupaten MagelangMembuka Ketep Summit Festival ke-5

kabarMagelang.com__Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga (Disparpora) Ikabupaten Magelang, menggelar Ketep Summit Festival  tahun 2023 pada 21 – 23 Juli 2023. Ketep Summit Festival ke 5 dengan mengusung tema ”Symphoni Jiwa” ini,   selain sebagai ajang Promosi juga merupakan upaya pengembangan pariwisata melalui potensi seni  budaya. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, melalui sambutanya yang dibacakan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Magelang Mulyanto SH, MM, pada saat membuka Ketep Summit Festival ke-2 Tahun 2023, di Halaman Parkir Ketep Pass, Jumat (21/7/2023).

Dia mengungkapkan bahwa letak geografis Kabupaten Magelang dapat diibaratkan sebagai mutiara terpendam, yang memiliki kilauan yang indah dan menarik bagi siapapun untuk berkunjung.

Beragam potensi yang dimiliki Kabupaten Magelang baik  sumber  daya  alam, maupun  seni dan budaya serta produk unggulan khas masing-masing, sangat potensial  untuk  dikembangkan  menjadi  sumber  peningkatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat,” jelasnya.

Pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Magelang hingga saat ini masih terus dilaksanakan, dengan memperhatikan perubahan pola konsumsi dari para wisatawan, serta budaya dan seni yang berkembang ditengah masyarakat.

“Sejalan dengan semangat tersebut, Ketep Summit Festival Tahun 2023 yang mengusung tema ”Symphoni Jiwa”, yang mana tema ini mengandung arti bahwa dibutuhkan harmoni dan keselarasan antara jiwa manusia dengan alam, seni budaya dan kehidupan secara keseluruhan, di iringi alunan musik, maka kita akan di bawa dalam suasana bahagia, menikmati refleksi diri, dengan begitu akan menghadirkan simfoni yang indah,” paparnya.

Ketep Summit Festival yang memiliki   rangkaian acara yang sarat dengan kreatifitas dan seni ini, akan bisa menjadi satu event khas di wilayah Kabupaten Magelang khususnya di Ketep Pass, dalam rangka menarik wisatawan    baik    lokal    maupun    dari    luar    daerah untuk berkunjung.  

Para   pelaku   seni   budaya   dapat menjalin  kerjasama  yang  harmonis  dan  sinergis,  dengan  para pemangku  kepentingan  seperti  komunitas  seni  budaya yang ada.  

Jalinan  komunikasi  dan  koordinasi yang  harmonis,  akan sangat  bermanfaat  bagi keberlangsungan wisata  seni  dan  budaya  di  wilayah  Kabupaten Magelang, sehingga diharapkan bisa membawa    dampak positif pada peningkatan taraf hidup masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan lebih jauh, dengan  adanya kemajuan  arus  teknologi  dan  informasi  ini, diharapkan semua para pelaku wisata untuk bisa manfaatkan semaksimal mungkin, karena keberadaan media massa  dan  media  sosial  berbasis  digital membuka  akses  bagi publik yang lebih luas,  dalam  rangka promosi dan pengembangan pariwisata melalui potensi seni  budaya. 

“Kami berpesan kepada seluruh stakeholder di Ketep Summit Festival ini, untuk terus berpartisipasi aktif dalam membranding produk-produk UMKM dan seni   budaya dari daerah Kabupaten Magelang ini. Dengan  begituakan terbentuk kesan yang mendalam bagi publik untuk mengakses  informasi Ketep Summit Festival, guna menarik   wisatawan  untuk  berkunjung  ke destinasi wisata di Kabupaten Magelang khusunya di Ketep Pass ini,” harapnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Ketep Summit Festival Tahun 2023 Andi Gunawan menjelaskan bahwa Ketep Summit Festival merupakan event wisata unggulan di Kab Magelang yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menambah lama tinggal wisatawan.

“Adapun tujuan dari diselenggarakan Ketep Summit Festival diantaranya adalah Menciptakan citra positif Kabupaten Magelang sebagai destinasi wisata favorit yang mengakomodir keanekaragaman seni dan budaya. Sebagai acara / media pemersatu antar komunitas seni dan budaya serta pelaku wisata untuk mempromosikan pariwisata Kab Magelang terutama Ketep Pass. Serta melestarikan kesenian rakyat Kab Magelang sebagai potensi wisata budaya yang mampu menarik wisatawan,” jelasnya.

Ketep Summit Festival ke-5 tesebut ada beberapa kegiatan sangat menarik yang disuguhkan bagi pengunjung Ketep Pas. Pada hari pertama diantaranya ada kirap Gunungan Ketep, sendratari Candradimuka sanggar Kinara Kinari Borobudur, kemudian pada malam hari diisi penampilan artis nasional yakni Woro Widowati dan Aftershine.

Kemudian pada Sabtu (22/7/2023) pagi hingga sore digelar Festival Kesenian Tradisional yang akan diisi puluhan Kesenian Tradisional yang ada di Kabaten Magelang. Kemudian pada malam hari kembali ditampilkan artis nasional, yakni Kastavara dan Ndarboy.(kmgl/az).

 

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply