Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Ribuan Umat Budha Mengikuti Prosesi Asalha Mahapuja Dari Candi Mendut Menunju Candi Borobudur


KabarMagelang.com__Ribuan umat Buddha mengikuti prosesi Asalha Mahapuja dengan berjalan kaki dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur, Minggu siang (23/7/2023). Prosesi tersebut dilakukan untuk mengingatkan para umat Buddha pada satu peristiwa penting. Dimana saat  Sang Buddha pertama kali membabarkan Dhamma atau ajarannya.

Sebelum kirap diberangkatkan, seluruh umat Budha melangaungkan doa bersama di komplek Candi Mendut yang dipimpin oleh Bante Sri Pannavaro Mahathera. 

Seluruh umat tersebut mengenakan pakaian serba putih dengan membawa bunga sedap malam. Begitupula dengan para biksu. 

Kirab ini diawali dengan mobil hias. Disusul dengan beberapa peserta yang mengenakan pakaian adat, pembawa bendera, pembawa kitab suci, kesenian, kereta kencana, gunungan hasil bumi, para biksu, dan umat.

Ketua Umum Sangha Theravada Indonesia Bhikkhu Subhapanno Mahathera mengatakan, prosesi kirab Asalha Mahapuja ini merupakan satu kebiasaan baik dan mulia. Utamanya sebagai suatu penghormatan kepada Sang Buddha. 

"Kirab itu tidak hanya sekadar berjalan kaki, tapi berjalan dengan meditatif. Merenungkan keluhuran Sang Buddha" jelasnya.

Di sepanjang perjalanan, para umat Buddha melakukan perenungan untuk meningkatkan kualitas batin mereka sendiri. Yakni dengan mengembangkan batin yang murni dan bersih dari benci, iri, serta dengki. 

"Kalau kita bisa membersihkan batin, kita bisa tenang, murni, dan damai. Betapa bahagianya diri sendiri," terangnya usai mengikuti kirab. 

Kepala Sangha Theravada Indonesia Bante Sri Pannavaro Mahathera berpesan agar umat Buddha berjalan dengan khidmat. 

"Kalau berjalan dengan pikiran melantur, berbicara kanan-kiri, dan macam-macam, maka perjalanan dari Candi Mendut ke Candi Borobudur tidak ada nilai Dhammanya. Tidak ada manfaat spiritualnya," ujanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha, Kemenag RI Supriyadi menandaskan, akan memberikan perhatian khusus kepada umat Buddha dalam setiap kegiatan. Hal itu sebagaimana implementasi dari pemanfaatan candi untuk keagamaan.(kmgl/az). 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply