Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Polresta Magelang Gelar Ujian Bela Diri Polri

kabarMagelang.com__Dalam rangka meningkatkan kemampuan bela diri sekaligus membina kesehatan fisik personel Polri, Polresta Magelang melaksanakan Ujian Bela Diri Polri secara periodik. Pada Semester II Tahun 2023 kali ini digelar di halaman Mapolresta setempat dan diikuti 800 personel, Kamis (07/09/2023). 

Ratusan personel jajaran Polresta Magelang tampak antusias mempraktikkan gerakan-gerakan yang dicontohkan oleh Tim Instruktur. Mulai dari pukulan, tendangan, dan tangkisan dan teknik lainnya. 

Kapolresta Magelang Kombes Pol. Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melalui Inspektur Senior Bela Diri Polri Polresta Magelang Kompol Willy Budiyanto, S.H., menyampaikan bahwa secara periodik Polresta Magelang menggelar Ujian Bela Diri Polri setiap enam bulan sekali. Bela diri Polri ini dilakukan dengan tujuan agar dapat membekali seluruh anggota Polri dengan kemampuan bela diri dan kondisi fisik yang prima. Sehingga akan mendukung dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, terlebih ketika menghadapi peristiwa kejahatan atau hal-hal yang mengancam harkamtibmas. 

“Namun untuk ujian bela diri Polri hanya diwajibkan untuk seluruh anggota polisi dengan pangkat Iptu kebawah,” jelasnya. 

Bela diri Polri merupakan gabungan teknik dan gerakan dari beberapa jenis olahraga bela diri seperti taekwondo, karate, judo, dan lainnya. Penggabungan ini dilakukan karena bela diri Polri pada dasarnya bertujuan untuk mengasah kemampuan anggota dalam mempertahankan diri atau melindungi orang lain dari serangan lawan. 

“Dengan  menggunakan teknik dan gerakan menghindar, menangkis, bahkan melakukan serangan balik dengan tangan kosong maupun dengan alat sebagai upaya pertahanan diri sekaligus memberikan perlindungan bagi masyarakat,” terang Inspektur Senior ini.

Salah satu instruktur bela diri Polri Polresta Magelang, Briptu Realita, ketika ditemui di lokasi terpisah menyampaikan, bahwa latihan yang digelar bersamaan dengan Ujian Bela Diri Polri dilakukan secara berkala. Guna penyegaran sekaligus untuk mengasah kemampuan bela dirinya meskipun tidak semua personel sebelumnya menekuni bela diri.

Diharapkan dengan adanya ujian bela diri semua personel bisa terbekali dengan kemampuan bela diri Polri.

“Latihan dan ujian bela diri Polri dilakukan bersamaan secara berkala yakni setiap satu semester atau enam bulan sekali agar anggota tidak lupa gerakan dan teknik dalam bela diri Polri. Dengan harapan semua personel bisa terbekali dengan penguasaan kemampuan bela diri yang mumpuni,” ungkap Realita. 

Sementara salah satu personel, Aiptu Habib Romadhon, yang turut serta dalam Ujian Bela Diri Polri menyampaikan kesannya usai melaksanakan latihan dan ujian bela diri ini. 

“Setelah mengikuti kegiatan ini, tubuh menjadi lebih bugar dan tentunya kemampuan bela diri menjadi lebih terasah,” ujarnya.


Diketahui, bela diri Polri tidak ditujukan untuk mematikan lawan melainkan untuk melumpuhkan lawan. Sehingga dengan dilaksanakannya Ujian Bela Diri Polri secara berkala, diharapkan dapat membekali personel Polri dalam menghadapi berbagai tantangan saat bertugas di lapangan. Hal ini selaras dengan tugas pokok Polri yakni melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. (kmgl/az).

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply