Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Salurkan Bantuan Anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina, Meminta Masyarakat Lereng Merbabu Peduli Hutan

kabarMagelang.com__Anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina menggugah beberapa desa penyangga untuk peduli dan sadar menjaga kelestarian hutan, khususnya di Gunung Merbabu. hal itu disampaikan dalam acara peningkatan kapasitas masyarakat Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, di Balaidesa Jambewangi, Kecamatan Pakis, Magelang, Rabu, (1/11/2023).

Kegiatan yang dipadu dengan sosialisasi bantuan ekonomi produktif bagi masyarakat sekitar kawasan hutan itu Vita Ervina hadir bersama plt Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Nurpana Sulaksono, Kepala Cabang Dinas Kehutanan wilayah IX Jateng, Slamet Rohadi, dan Wawan Yanuar dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat serta beberapa perwakilan Desa di Magelang.

Acara tersebut juga diikuti sejumlah kelompok tani penerima bantuan aspirasi tahun 2023 dan petani binaan Gravitasi Kecamatan Pakis dan Ngablak.

“Hari ini kami hadir untuk memberikan bantuan demi pemberdayaan dan meningkatkan potensi ekonomi warga di sekitar hutan" ungkap Vita Ervina.

Anggota FPDI-P itu menyebutkan terkait kebakaran hutan Merbabu yang terjadi pekan lalu, banyak dampak sosial yang harus diperhitungkan.

“Terkait kondisi itu kami akan memberi bantuan, khususnya dampak pipa air yang terbakar. Juga akan memberikan bantuan air bersih secepatnya,” katanya.

Adapun bantuan yang diserahkan pada kesempatan tersebut sebanyak empat paket. Yakni kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Karya, Desa Jambewangi sebesar Rp 50 juta untuk kandang domba komunal terintegrasi. KTH Sumber Rejeki Desa Gondangsari sebesar Rp 50 juta untuk rumah pembibitan tanaman horti. Kemudian Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumber Rejeki Desa Munengwarangan sebesar Rp 50 juta untuk pembibitan sayur dan pengembangan toko tani. Dan kepada KTH Ngesti Widodo Desa Tejosari Rp 50 juta untuk usaha pengolahan kopi.

Plt Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Nurpana Sulaksono, menambahkan,  bantuan tersebut  mendukung program pemerintah dalam memberikan kemandirian kepada masyarakat. Khususnya di wilayah Taman Nasional Gunung Merbabu. 

“Bantuan tersebut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai aspirasi dari anggota Komisi IV Vita Ervina,” jelasnya. 

Dia berharap bantuan itu memberikan manfaat positif. Warga bisa semakin mandiri dan makin mendekatkan Taman Nasional Gunung Merbabu dan masyarakat. 

Sementara itu terkait kebakaran hutan yang terjadi pekan lalu, menurut catatan dia seluas 848,5 hektare tersebar di tiga wilayah. Yakni Kabupaten Magelang, Boyolali dan Semarang.

"Sekarang apinya sudah mati," pungkasnya.(kmgl/rez).

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply