» » Kemuning dan Anggrek Vanda Tricolor bakal jadi ikon tanaman Kota Magelang

KABARMAGELANG.COM---Kemuning dan Anggrek Vanda Tricolor bakal menjadi ikon atau tanaman ciri khas Kota Magelang. Dipilihnya kedua jenis tanaman ini sudah melalui berbagai kajian dari berbagai pihak terkait, salah satunya Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Peterikan).
"Yang pasti sudah melalui berbagai pertimbangan suatu tanaman akan dijadikan ciri khas daerah," kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Sri Retno Murtiningsih, Kamis (18/12).
Secara singkat Retno menjelaskan, dipilihnya pohon Kemuning karena pohon ini ada sejarahnya, yakni pernah menjadi pohon peneduh oleh Pangeran Diponegoro jalan peperangan dahulu. Pangeran Diponegoro pernah berperang di Magelang bahkan ditangkap oleh Belanda juga di Magelang.
Sedangkan Anggrek Vanda Tricolor, tanaman  ini banyak tumbuh di lereng gunung Merapi dan mudah di budidayakan.
Kedua jenis tanaman ini belum di klaim sebagai tanaman khas suaru daerah. "Ini yang menjadi pertimbangan kami memilih kedua jenis tanaman ini," terang Retno.
Saat ini, imbuhnya, Dispeterikan sedang membudidayakan tanaman Anggres Vanda Tricolor. "Kita sedang budidayakan jenis tanaman ini, mudah-mudahan masyarakat juga mau ikut membudidayakan," harapnya.
Ia juga menekankan, untuk menjadikan kedua jenis tanaman ini sebagai tanaman ciri khas Kota Magelang, tidak diharuskan ada dalam jumlah yang banyak. "Itu tidak ada dalam kriteria. Yang penting, tanaman itu belum di klaim menjadi ciri khas daerah lain," terangnya.
Untuk menjadikan kedua jenis tanaman ini sebagai tanaman khas Kota Magelang, maka pihaknya sedang mengajukan rancangan peraturan daerah ke DPRD untuk di bahas.
Dari informasi, Kemuning (Murraya paniculata) adalah tumbuhan dari famili Rutaceae.Tanaman ini merupakan tumbuhan tropis yang dapat mencapai tinggi 7 meter dan berbunga sepanjang tahun. Daunnya seperti daun jeruk, cuma berukuran lebih kecil, sering digunakan sebagai tumbuhan hias atau tumbuhan pagar. Bunganya terminal dan harum, petal 12-18 mm, panjang, putih. Buahnya akan berwarna merah sampai oranye jika sudah matang.
Sedangkan Anggrek Vanda Tricolor merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh dilereng gunung Merapi. Anggrek ini hampir punah keberadaannya. Anggrek berbunga putih dengan bercak totol ungu kemerahan ini dulunya sangat banyak dan tumbuh liar di pohon dadap, angsana dan pohon-pohon tahunan lainnya. Akan tetapi, bencana semburan awan panas pada tahun 1994 telah menghanguskan 80 % habitat asli anggrek ini. (watie)


ket gambar:
Dua karyawan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan membawa dua jenis tanaman yang bakal menjadi ciri khas Kota Magelang, yakni Kemuning dan Anggrek Vanda Tricolor. (foto: ch kurniawati)

About watik

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply