» » Promosi Durian Lewat Lomba Burung





           KABARMAGELANG.COM- Cara unik untuk promosikan  durian lokal. Warga Desa Kebonrejo, Kecamatan Candimulyo menggelar lomba burung berkicau dengan mengundang penggemar burung dari berbagai daerah.

           Berbagai jenis burung kicauan  yang dilombakan seperti  murai batu, kacer, cucak ijo, cendet, cucak jenggot, kapas tembak, lovebirds, pleci, anis merah, ciblek, kenari dan campuran. Lomba burung ini dibagi ke dalam tiga kelas yakni A, B, dan Bebas.

           Kades Kebonrejo Zaenal Mutaqin mengatakan, "Lomba ini untuk menyambut festival panen raya durian. Desa kami merupakan penghasil utama buah durian tetapi yang terkenal justru daerah lain. Lewat lomba ini kami promosikan durian produksi petani sini," Desa Kebonrejo memiliki 5.000 pohon durian produktif dan 5.000 pohon muda, “Terang Dia.

          Camat Candimulyo Agung Nugroho mendorong  semua Pemdes di Candimulyo untuk menggerakkan warga mereka dengan berbagai kegiatan.” Pemdes harus kreatif agar ekonomi masyarakat bertambah maju. Lomba burung bagus untuk pelestarian dan memperkaya keanekaragaman alam sekitar. Sementara para petani merawat pohon durian dengan baik sehingga burung liar bisa berkembang biak. Ini yang harus dilestarikan," kata Agung.


          Diketahui Festival Durian Candimulyo sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 19 - 21 Maret 2015 yang akan datang, dengan acara arak tiga gunungan durian di lapangan Kecamatan Candimulyo.(Zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

Leave a Reply