» » Sedekah Sungai Tabur Ribuan Benih Ikan





KABARMAGELANG.COM - Ratusan warga Desa Blongkeng, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang lakukan sedekah sungai dengan menabur  30 ribu  ekor lebih  ikan tawar  berbagai jenis di sungai blongkeng (13/3) .

Bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat dan Muspika Kecamatan Ngluwar , KNPI, Dinas Peterikan, Relawan Linang Sayang serta Satlantas Magelang acara sedekah sungai ini bertujuan untuk mengajak masyarakat mulai menjaga ekosistem sungai dari kerusakan akibat dari sampah dan pengambilan ikan dengan cara di setrum dan racun ikan.


"Sedekah Sungai ini untuk mengajak masyarakat menjaga ekosistem sungai. Jangan hanya mengambil manfaat dari alam namun tidak mau memeliharanya. Saatnya kita memberi manfaat pada alam," kata Ketua DPD KNPI MH Masrukhan.

Masrukhan juga  mengajak masyarakat meninggalkan cara tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan seperti setrum dan racun. Jika ekosistem sungai pulih maka masyarakatlah yang akan menerima manfaatnya.," kata dia”.


," kata Kepala Dinas Peterikan Ir Sri Hartini yang ikut hadir dalam acara tersebut .mengatakan"Kami mendukung upaya konservasi sungai Karang Taruna. Acara Sedekah Sungai ini sesuai visi kami untuk melakukan konservasi sungai di Kabupaten Magelang.


Ketua Panitia Sedekah Sungai 2015 MH Habib Shaleh menjelaskan pihaknya menebarkan lebih dari 30 ribu ekor ikan terdiri dari ikan mas, lele, tawes, graskap, nila dan lainnya. Ikan-ikan tersebut ditebar di tiga lokasi yakni Kali Putih, Kali Blongkeng dan tempuran Kali Putih dan Kali Putih.

"Semua pihak yang terlibat atas dasar keikhlasan dan kesadaran untuk memperbaiki ekosistem sungai. Relawan dan kelompok tani menyisihkan penghasilan mereka untuk membeli ikan dan ditebar bersama-sama. Ini sedekah kami kepada alam," Tambah Habib.

Di pilihnya lokasi ini  karena memiliki kedalaman 2-3 meter dengan kondisi air jernih. Lokasi ini juga hanya berjarak sekitar satu km dari Kali Progo sehingga ikan bisa berkembang biak dan mengisi kembali ekosistem sungai yang rusak karena faktor banjir lahar maupun penggunaan setrum dan racun ikan.(Ad)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply