» » 40 Siswa SMK Se Jawa Tengah Ikuti Uji Kompetensi


MUNTILAN - KABARMAGELANG.COM _ 40 siswa perwakilan 10 SMK diwilayah Jawa Tengah, mengikuti ujian kompetensi mesin di SMK Pangudi Luhur Muntilan, Magelang. Ujian tersebut  dilaksanakan dua tahap. Untuk angkatan pertama, dimulai Selasa hingga Rabu (5-6/5) sedang angkatan kedua, Kamis hingga Jumat (7-8/5) besok.

 Kepala SMK Pangudi Luhur, Bruder Titus Totok T FIC, Menjelaskan, sekolah kami satu-satu  yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah untuk ujian kompetensi ini, “Sebelum ujian praktek, hari pertama seluruh peserta mengikuti workshop ditutup ujian teori,’katanya.

Dalam hal ini SMK PL juga bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Mesin Indonesia (LSPMI). Dari  40 peserta itu, akan diuji oleh tiga asesor (penguji) yang telah memiliki sertifikat asesor dari Lembaga Mesin Indonesia (LMI).

“Kebetulan, tiga asesor itu juga merupakan guru-guru kami di SMK PL. Kami  sejak lima tahun lalu menggelar uji kompetensi ini. Tidak hanya mesin, tapi juga otomotif. Selain itu banyak juga siswa-siswa dari luar sekolah yang ikut uji kompetensi ditempat kami,” tambah  Ketua Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMK PL Muntilan, Ig Priyo Widi Susanto Spd.

 “Tujuan uji kompetensi ini, salah satunya agar peserta dapat langsung bekerja. Perkembangan zaman, kini banyak perusahaan yang menerima siswa lulusan SMK, namun harus memiliki sertifikat kompetensi. Di sisi lain, juga untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) serta era globalisasi,” pungkas Priyo.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply