» » 6 Kelompok PIK Remaja Maju Final Lomba KIE Genre Tingkat Kabupaten



MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Enam kelompok remaja dari 6 kecamatan di Kabupaten Magelang mengikuti Lomba Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) melalui media seni bagi kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja berbasis masyarakat/pendidikan.
Masing-masing  bersaing menampilkan kemampuan terbaik dalam menyampaikan informasi bagi remaja melalui media seni, Rabu (17/6).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Dan Keluarga Berencana (Bapermaspuan KB) Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, menjelaskan, PIK Remaja merupakan  wadah kegiatan program PKBR yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

"PIK Remaja dikembangkan melalui 3 (tiga) tahapan yaitu tahap “Tumbuh, Tegak, dan Tegar”. Dan pengelolanya adalah pemuda/remaja itu sendiri, yang punya komitmen dan mengelola langsung PIK Remaja di wilayahnya masing-masing, “jelas Retno.

Retno menambahkan, tujuan dari lomba tersebut salah satunya  adalah mengkampanyekan remaja sehat. Dengan harapan, nantinya bisa membentuk keluarga berencana yang sudah direncanakan sejak dini hingga usia lanjut.

"Peserta diharapkan bisa menyampaikan pesan- pesan yang diterima melalui media yang ada dan tumbuh di masyarakat. Seperti rebana, drama, tari dan yang lainya," harapnya.

Ada beberapa pesan lanjut Retno,  yang menjadi fokus penilaian dan harus disampaikan olehpeserta. Yakni pesan- pesan bebas narkoba, pergaulan bebas (free sex), dan pencegahan HIV/AIDS. "Penilaian yang dilakukan diutamakan  materi yang disampaikan. Apakah mengena atau tidak," jelasnya.

Dari enam kelompok yang merupakan hasil seleksi tingkat kawedanan tersebut, akan  diambil juara 1-3. Dan tim pemenang akan dikirim ke tingkat Provinsi dalam lomba yang sama.

Salah satu perwakilan peserta dari Kecamatan Borobudur, Qosim Haka, mengatakan, dia bersama 9 orang lain menampilkan kesenian rebana. "Melalui kesenian rebana, kami menyampaikan sejumlah pesan. Antara lain agar remaja menghindari narkoba, sek bebas, dan merencanakan usia perkawinan," terangnya. (zis)







.

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply