» » Api Dharma Merapen Tiba Di Candi Mendut





KABARMAGELANG.com__Api Dharma dari Merapen Grobogan tiba di Candi Mendut Magelang Senin petang (1/6). Para Budha Indonesia (Walubi) melanjutkan dengan melakukan prosesi pensakralan api abadi tersebut sebelum di semayamkan di Altar utama Candi Mendut.

Ketua Dewan Sangha Walubi, Bhiksu Tadisa Paramita Mahastavira, menjelaskan makna api abadi adalah sebagai simbul penerangan bagi semua khususnya bagi  umat Budha. “Setiap kehidupan di dunia ini memerlukan api,”terangnya.

“Api juga merupakan sumber semangat dan penerangan, api merupakan simbul pencerahan bagi setiap umat manusai di muka bumi,”jelas Tadisa.

Menyinggung nasib pengungsi Rohingya, Bhiksu Tadisa Paramita mengatakan, ikut prihatin atas nasib mereka. Budha tidak mengajarkan kekerasan juga tidak ada diskriminasi. “Jika ada umat Budha yang melakukannya, berarti merka tidak menjalankan ajaran dengan benar,”tegasnya.

“Kita akan tetap menyerukan perdamaian dan keharmonisasian serta kebineka tunggal ikaan,”tambah Tadisa.

Sementara puncak perayaan Tri Suci Waisak 2559 BE/2015 akan berlangsung besok siang Selasa (2/6) dengan rangakaan acara prosesi arak-arakan ribuan Umat Budha, mulai dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur dan akan di hadiri oleh Presiden Joko Widodo.(zis)




About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply