» » Libur Lebaran Di Candi Borobudur


BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Wisata Candi Borobudur pada libur Hari Raya Idul Fitri 1436 H/2015 ditargetkan meningkat 10 persen dibanding tahun lalu. Puncak kunjungan  Lebaran diprediksi 18 – 19 Juli mendatang. Berbagai pementasan kesenian rakyat akan di selenggarakan setiap hari selama libur lebaran.

Kepala Unit Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (PT TWCBPRB), Chrisnamurti Adiningrum mengatakan, target pengunjung libur lebaran tahun ini meningkat 10 persen dari tahu lalu.  “Tahun lalu  302.049  kini menjadi 332.253  orang, “jelasnya.
  
Chrisna menambahkan libur lebaran ini kan berlangsung selama 15 hari  yakni  mulai 12-26 Juli 2015. Kemudian  puncak kunjungan wisatawan diperkirakan akan terjadi pada 18-19 Juli 2015. “Libur lebaran kita tetapkan selama 15 hari, dan perkiraan puncak pengunjung diprediksi ada di 18 – 19 Juli besok, “katanya.
  
Sejumlah persiapan telah kami lakukan lanjut Chrisna , diantaranya menyiapkan hiburan tambahan yang nantinya akan dipentaskan selama masa liburan. “Seperti  pentas seni rakyat (18-26/7), wayang kulit (21/7), cokekan (18-26/7), musik keroncong (23/7, 25/7, 26/7), demo potensi desa (18-26/6), “terangnya.

"Dalam pentas hiburan tambahan ini, kami melibatkan warga masyarakat Borobudur. kami memberikan kesempatan kepada mereka, mengingat disini banyak sekali potensi kesenian yang bagus," imbuhnya.

Menurut Chrisna, melalui pementasan hiburan tambahan tersebut, adalah salah satu wujud kepedulian Taman Wisata Candi Borobudur dalam membantu mempromosikan beragam potensi desa sekitar Borobudur. Wisatawan bisa memiliki wawasan baru bahwa di kawasan Borobudur tidak hanya terdapat candi saja, namun juga memiliki potensi wisata lain.

"Selain kesenian, selama libur Lebaran kita juga menyelenggarakan pameran produk unggulan potensi desa sekitar Borobudur. Diantaranya kerajinan batik, pensil, kriya kayu, patung pasir, gypsum, kerajinan bambu, serta aneka kuliner,"tambahnya.

Sementara Kadiv Admin Keuangan TWCB, Aryono Hendro M menambahkan, kantong- kantong parkir dipersiapkan untuk menampung kendaraan wisatawan yang tidak muat di tempat parkir yang disediakan. Kantong parkir tersebiut nantinya akan berada di sisi Utara dan Timur candi. "Jumlahnya lebih dari 20an. Saat ini kita masih melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk pengelola parkir, paguyuban andong, dan lainnya," pungkas Aryono. (zis)






About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply