» » Menteri Pendidikan akan tindak tegas sekolah yang masih selenggarakan peloncoan


BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Menteri pendidikan Anis Baswedan akan menindak tegas kepala sekolah yang masih selenggarakan perpeloncoan terhadap sisawa baru. Bahkan kemendikbud akan  memberhentikan guru dan kepala sekolah yang melanggar. Hal ini disampaikan Mendikbud saat pembukaan International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015 di Candi Borobudur semalam (27/7).

Mendikbud menegaskan bahwa kemendikbud sudah mengeluarkan surat edaran nomor 55 tahun 2014 Tentang Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOS) kepada Gubernur, Bupati/Walikota untuk melarang perpeloncoan terhadap anak didik baru. “Para guru itu kan pegawai pemda, jadi para kepala daerah harus mengawasi dan menindak para penyelenggara pendidikan jika ada yang melanggar, “katanya.

“Karena jelas di surat edaran disitu melarang adanya perpeloncoan, kekerasan, dan pelecehan terhadap anak didik baru. Gubernur, Bupati/Walikota jangan mendiamkan jika ada pelanggaran yang dilakukan di sekolah-sekolah, “terang Anis.

Anis menambahkan bila ada kepala sekolah yang membiarkan bahkan terlibat dalam perpeloncoan terhadap siswa baru, maka pihaknya tidak segan-segan akan memberikan sangsi sampai dengan pemberhentian. “Kita membutuhkan para pendidik yang memanusiawikan orang, jika terbukti ada pelanggaran lebih baik tidak usah mengelola pendidikan, “tegasnya.

“Ini praktek tahunan, dan itu terjadi karena adanya pembiaran. Ini bukan persoalan aturanya tetapi saatnya berbicara penegakan, “tandas Anis.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi lanjut Anis, kemendikbud telah membuka layanan pengaduan masyarakat terhadap pelanggaran pendidikan terutama perpeloncoan, yakni melalui “mopd.kemendikbud.go.id. “Jika masyarakat menemukan pelanggaran,  laporkan melalui laman tersebut. Kita akan mempelajari, menginvestigasi, dan jika terbukti kita berikan sangsi tegas, “pungkas Anis. (zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply