» » BKB Perbaiki Candi Mendut Akibat Bocor





MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Balai Konservasi Borobudur melakukan perbaikan terhadap candi mendut yang mengalami kebocoran akibat dimakan usia. Hal ini lakukan untuk mengantisipasi musim hujan yang dapat menambah parah terhadap kerusakan candi peninggalan masa Syailendra ini.

Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo mengatakan, perbaikan dilakukan karena adanya kebocoran akibat material penampung atau nat antar batu candi terdapat kerenggangan sehingga air akan masuk pada saat musim hujan. “Hal ini bisa mempercepat terjadinya pelapukan bebatuan candi, “jelasnya (14/9).

“Selain itu kerenggangan nat antar batu candi juga disebabkan usia yang sudah lama, “kata Marsis Sutopo.

Marsis Sutopo juga menjelaskan bahwa perbaikan atau penambalan kerenggangan pada nat tersebut menggunakan material jenis mortal yang yang di campur dengan pasir. “Selain senyawa dengan batu candi, kekuatan mortal nyaris sama dengan susunan batu candi, “terangnya,

“Perbaikan ini kami targetkan satu bulan, sebelum musim hujan datang harus sudah selesai, “kata Marsis.

Selama proses perbaikan candi, lanjutnya, Candi tetap di buka bagi wisatawan yang akan berkunjung, “Kita tetap buka buat para wisatawan yang akan berkunjung di sini, “tambahnya.

Diketahui Candi Mendut ditetapkan sebagai cagar budaya warisan dunia pada tahun 2012 lalu. Dengan demikian perawatan candi mendut setara dengan perawatan yang di lakukan pada candi Borobudur. Selain untuk mengantisipasi pelapukan batu, Balai Konservasi juga selalu mamantau serta berupaya agar candi tersebut kokoh dan bertahan seperti aslinya. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply