» » 50 Seniman Lukis Dari 22 Negara Berkolaborasi Di Borobudur




MUNGKID, KABARMAGELANG.com__50 seniman dari 22 negara berkolaborasi dan melukis bersama di Limanjawi Art House Borobudur, Magelang. Aksi tersebut dilakukan untuk menggugah perhatian pemerintah yang selama ini dinilai sangat kurang memperhatikan khususnya kepada seniman lukis.

Pemilik Limanjawi Art House Umar Chusaeni mengatakan, kedatangan para seniman tersebut juga dimaksudkan sebagai ajang kolaborasi seni dan budaya dari masing- masing negara.

"Di Borobudur sendiri, mereka melihat bahwa seni budaya yang ada sangatlah bagus. Terutama budaya Jawa," jelas Umar.

Dia menambahkan, sebelum berkolaborasi dalam melukis di Limanjawi ini,
mereka lebih dulu membuat karya mereka selama satu minggu (4-8/10) di Jogjakarta. Dilanjutkan pameran lukisan karya mereka dengan bertajuk Jogjakarta International Art Festival, tidak hanya karya berupa lukisan yang dipamerkan. Namun juga patung, grafis, print making, dan lainnya.

Sementara Ketua Panitia Jogjakarta International Art Festival Hadi Soesanto mengatakan, tujuan dari pameran yakni membuat jaringan seniman di seluruh negara.

"Dengan adanya jaringan yang sudah terbentuk, kita akan lebih mudah nantinya dalam menggelar pameran. Apalagi perhatian dari pemerintah juga kurang, terutama dalam hal seni rupa," jelas Hadi.

Dia mengatakan, selama ini seniman sering berjuang dan berusaha secara mandiri untuk bisa mengadakan even serta pameran baik di dalam maupun luar negeri.

"Kita selalu memakai biaya sendiri. Harapan kita, dengan menggelar pameran seperti ini, pemerintah bisa melirik seni rupa dan kasih kepedulian," harapnya.

Dalam pameran yang berlangsung selama satu hari besok (10/10), sedikitnya ada 50 seniman yang terlibat. Antara lain berasal dari Kanada, Turki, Nepal, Serbia, Philipina, Vietnam, Amerika Serikat, Jerman, Uni Soviet, Polandia, Italia, Bangladesh, India, Taiwan, Jepang, China, Singapura, dan beberapa lainnya.(zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply