» » Sendratari Mahakarya Borobudur Libatkan Penari Lokal




BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Pementasan sendratari Mahakarya Borobudur di panggung Akhsobya Taman Wisata Candi Borobudur Magelang Sabtu (9/10) malam dipadatai ratusan wisatawan domestic maupun mancanegara. 

Direktur Pemasaran dan Kerja Sama PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Sahala Parlindungan Siahaan mengatakan, sekitar 500 pengunjung menyaksikan sendratari Mahakarya Borobudur yang melibatkan 205 penari ini. "Semua  kursi yang kami sediakan habis terjual, " kata Sahala Parlindungan Siahaan.

“Ini semua berkat kerja sama kita dengan ISI solo dan Borobudur Art Center, sebagai pelaku seni utama dalam pementasan Mahakarya, meskipun untuk kali ini kita lebih banyak melibatkan penari dari lokal yakni dari Borobudur dan sekitarnya, “jelas Siahaan yang akrab di sapa Riki ini.

Menurutnya dengan banyak melibatkan penari lokal diharapkan para seniman atau penari Borobudur dan sekitarnya akan semakin bisa di berdayakan. “Sendratari Mahakarya adalah ivent berkelas internasional, “katanya.

“Kami ingin seniman lokal ke depannya bisa diangkat ke tingkat global, “harap Siahaan.

Siahaan juga mengungkapkan, bahwa Sendratari Mahakarya Borobudur tersebut merupakan cerita pembuatan candi Borobudur pada jaman mataram kuno atas titah Raja Samaratungga.

“Dengan melihat proses pembuatan candi yang begitu sulinya waktu itu, kita harapkan para penonton bisa mengambil hikmahnya yakni ikut melestarikan budaya peninggalan nenek moyang, yang sangat megah ini “harapnya.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply