Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Petugas Sulit Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Merapi





SRUMBUNG, KABARMAGELANG.com
__ Kebakaran hutan Merapi yang melanda wilayah Boyolali meluas ke Kabupaten Magelang. Beberapa titik  kebakaran menyasar di sekitar puncak Merapi. Diduga, kebakaran yang terjadi sejak hari Minggu (1/11) tersebut disebabkan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Hari ini Selasa (3/11) tim gabungan yang terdiri dari ratusan petugas dari BPBD, TNI. Dan Relawan masih di terjunkan untuk mengatasi pemadaman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Sujadi menyatakan, kebakaran hutan di wilayah Boyolali mulai merambat ke wilayah hutan di Kabupaten Magelang. Api tersebar di beberpa titik salah satunya di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun Magelang. Petugas dibantu beberapa relawan dan warga terus berupaya memadamkan api secara manual dengan peralatan seadanya.

"Awalnya lusa (Minggu 1/11 ) kebakaran hutan terjadi di sekitar kandang macan. Sekarang, sudah masuk wilayah hutan pinus Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun, “jelasnya.

Petugas hanya bisa memadamkan api dengan manual. Medan yang sulit dijangkau membuat petugas kesulitan mengerahkan mobil pemadam kebakaran, terutama di wilayah Ngargomulyo karena api merambat ke tebing yang cukup curam.

"Hari ini Selasa (2/11) ratusan petugas gabungan dari BPBD dan TNI serta relawan, terus berupaya melakukan pemadaman, mengingat  kebakaran hutan masih berlangsung," terangnya.

Sujadi belum bisa memprediksi luasan lahan yang hangus terbakar. Petugas dari Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) masih menghitung luasan pasti kebakaran hutan ini. Selain rerumputan, lahan yang terbakar diantaranya juga terdiri dari pohon pinus.

"Penyebab kebakaran diduga  karen ulah orang yang tidak bertanggung jawab. Lahan yang terbakar terdiri dari rumput kering dan pohon pinus, yang sangat mudah terbakar, "ungkap Sujadi.

Salah satu relawan Heru Kelik memastikan bahwa kebakaran menyasar sampai ke  hutan di wilayah Kabupaten Magelang. Ia juga belum belum bisa menyampaikan luasan hutan yang hangus terbakar.

"Kebakaran hutan masuk wilayah Magelang di pebatasan (kecamatan) Srumbung – Dukun.  Api menyasar hutan pinus Deles dan  Jurangjero tepi sungai Blongkeng,"tandasnya.(zis)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply