» » Dolan Kampung Kenalkan Potensi Wisata







BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Dusun Barepan Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, canangkan diri sebagai salah satu kampung wisata. Dengan konsep “Dolan Kampung” Forum Wisata Dusun Barepan (FWDB) mencoba mengenalkan berbagai  potensi yang di miliki melalui beberapa komunitas yang ada, Sabtu (12/12). 

Dalam kegiatan ini, mereka mengandeng radio komunitas Mandala Gemaswara Mandiri (MGM) FM didukung Combine Resource Instutition (CRI) dan Radio  FM YY Jepang. “Selama ini Dusun Barepan merupakan penyangga terdekat dengan Candi Borobudur, namun wisatawan yang berkunjung hanya lewat, “jelas Khoirul Muna koordinator Dolan Kampung.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kemitraan dalam memperkuat jaringan pariwisata lokal Barepan. Sedang sejumlah agenda wisata yang kami lakukan saat ini, diharapkan mendorong daya saing lokal dengan memaksimalkan kontribusi pariwsata bagi kemakmuran desa sekaligus komunitasnya,”terangnya.

Koordinator Pasar Komunitas CRI, Andrew Dananjaya, mengatakan,  melalui konsep ini, kami berharap wisatawan akan memiliki pengalaman yang berbeda. “Selain bisa berinteraksi dengan kehidupan ala pedesaan yang asri, wisatawan juga bisa berkesempatan mengenal karakter budaya warga setempat, “tuturnya.

“Kita akan coba menggelar rembug wisata tentang ‘Pengelolaan informasi wisata melalui media komunitas’. Selain itu, kita akan adakan  pasar komunitas yang mewadahi aneka produk olahan makanan dan kerajinan khas Dusun Barepan ini, “tambah Adrew.


Andrew menyebutkan kegiatan ini diikuti dari para travel blogger dan pelaku wisata lokal dan daerah seperti dari travel agent, pengusaha penginapan dan lainnya. “Mereka kami ajak berkeliling ke sejumlah potensi wisata di Dusun ini. Selain itu, mereka juga kami ajak belajar membuat kerajinan dari bahan bambu, membatik dan belajar menari tradisional,”pungkas Andrew.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply