» » Satu Rumah Roboh Di Terjang Longsor



SALAMAN, KABARMAGELANG.com__Satu rumah pemukiman warga lereng menorah rusak parah akibat terkena longsoran, sementara empat rumah lainya terancam. Keluarga yang rumahnya rusak terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman.
Tanah longsor terjadi ketika hujan deras mengguyur wilayah Perbukitan Menoreh tepatnya di Dusun Palungan, Desa Sidosari, Kecamatan Salaman, Magelang Kamis (10/12). Longsor  tersebut mengakibatkan tembok serta dapur dan ruang tengah  milik  Subardi, (80), rusak parah.
“Untung saat kejadian anak Subardi sempat membopong ayahnya yang sudah renta dan membawa lari keluar rumah, “kata Haris tetangga Subardi.
“Tebing dibelakang rumah Subardi ini berketinggian 10 dan lebar 20 meter, “jelas Haris.
Kadus Palungan, Desa Sidosari Aziz Muslim mengatakan, tanah longsor ini  mengakibatkan satu rumah rusak dan empat rumah lainya terancam. Rumah tersebut adalah  milik Hariyanto, Wahono, Zumrotul Makmum, dan Ahmadi. Rumah tersebut berdiri di sekitar bawah tebing yang berpotensi terjadi longsor susulan. 

"Dari total 20 jiwa yang terancam tanah longsor susulan, tiga diantaranya kini masih mengungsi ditempat saudaranya sampai kondisi benar-benar aman, “tuturnya.
“Adapun rumah Subardi yang terkena material tanah, kini sudah dibongkar untuk antisipasi tanah longsor susulan, “tambah Aziz.

Sementara camat Salaman  Joni Indarto menyebutkan Desa Sidosari merupakan salah satu wilayah di lereng Perbukitan Menoreh yang rawan longsor.  Selain itu masih ada enam desa yang termasuk wilayah rawan longsor. Diantaranya Desa Ngargoretno, Kalirejo, Ngampeldento, Margoyoso dan lainya.

"Kalau di total sekitar 20 ribu jiwa warga yang tinggal di wilayah bencana. Selain banyak yang di pinggir tebing, jenis tanah di wilayah Salaman ini memang rawan longsor,"terangnya.
“Kami menghimbau masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk melakukan mitigasi bencana, dengan melakukan pencegahan yakni membuat saluran irigasi, dan mengurangi air yang merembes ke tanah, sehingga longsor bisa dikurangi, “tandas Joni.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply