» » KIR Pemanfaatan Mengkudu SMP 3 Candimulyo Juara Tiga Tingkat Nasional



MUNGKID, KABARMAGELANG.com____Lewat Buah mengkudu tiga siswa SMP Negeri 3 Candimulyo, angkat dunia pendidikan di Kabupaten Magelang. Melalui penelitiannya ke tiga siswa tersebut berhasil meraih juara ke tiga pada lomba karya ilmiah remaja (KIR)  tingkat nasional di Bali pada 25 - 29 Oktober kemarin.

Furiyani, Nila Lestari dan Afiska Nurul Hidayah,  mampu meyakinkan juri tentang pemanfaatan buah mengkudu (pace) sebagai cairan untuk menetralkan keasaman nira pada saat penyadapan (laru) untuk menggatikan sabun yang biasa di gunakan oleh penyadap dalam pembuatan gula merah.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Magelang, Haryono, mengatakan, apa yang sudah di raih ke tiga siswa SMP Candimulyo 3 telah mengangkat prestasi pendidikan di kabupaten Magelang.

“Meskipun sekolahnya hanya di pinggiran jauh dari perkotaan, ternyata mereka bisa berprestasi sampai tingkat nasioanl, “tuturnya Senin (7/12)

“Kami berharap apa yang sudah mereka raih mampu memotivasi pada sekolah-sekolah lain, sehingga akan muncul juara-juara baru dengan bidang yang lain, “harap Haryono.
   
Haryono, juga menambahkan dengan karya ilmiah yang mereka lakukan, akan  memberikan tambahan pengetahuan  khususnya kepada para pembuat gula kelapa yang banyak terdapat di Magelang ini.  

“Kita mengakui  selama ini masih ada  para pembuat gula kelapa yang menggunakan beberapa bahan yang berbahaya untuk kesehatan manusia, salah satunya dengan menggunakan sabun, “ungkapnya.

“Ternyata dengan menggunakan laru buah mengkudu, selain tidak berbahaya, hasil gulanya juga jauh lebih baik dan  lebih tahan lama serta  warnanya juga jauh lebih cerah, “pungkas Haryono. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply