» » Rekahan Tanah Ancam 900 Jiwa BPBD Usulkan Bantuan Ke BNPB



 MUNGKID, KABARMAGELANG.COM__Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang akan mengusulkan bantuan untuk warga Dusun Kupen, Desa Bale Agung, Kecamatan Grabag ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bantuan tersebut untuk menanggulangi rekahan tanah yang kini mengancam 900 jiwa di Dusun tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Sujadi mengatakan, sesuai hasil kajian yang dilakukan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dibutuhkan bangunan drainase untuk menanggulangi rekahan tersebut.

"Kami akan mengusulkan bantuan ke BNPB untuk  pembuatan drainase, di sekitar rekahan, " katanya.
               
“Drainase tersebut, nantinya akan dibangun di sepanjang bukit yang berada di atas pemukiman warga, “jelas Sujadi. 

Dia menambahkan bahwa Fungsi dari drainase itu,  untuk menampung serta memperlancar saluran air,  sehingga tidak masuk ke rekahan tanah,  dan  langsung dialirkan ke  lokasi yang aman.

“Jika tidak dibuat drainase,  air yang berasal dari hujan dikhawatirkan meresap dan masuk ke rekahan. Akibatnya rekahan  akan semakin terbuka dan mengakibatkan  longsor, “paparnya.

“Sementara teknis pembangunannya, akan dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Energi Sumber Daya Mineral (DPUESDM), termasuk berapa panjang dan bagaimana bentuknya, “terang Sujadi.(zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply