» » Pemda Klaim Pembebasan Lahan Mertoyudan Corner Mendapat Persetujuan DPRD

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Meski hanya menghasilkan Rp. 600 ribu pertahun ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Magelang tetap membeli lahan Mertoyudan Corner yang ditempati oleh para pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Mayjen Bambang Sugeng. Hal tersebut di sampaikan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Kekayaan dan Aset Daerah (DPPKAD), Djoko Tjahyono Jumat (15/1). Djoko mengeklaim pembebasan lahan tersebut sudah mendapat persetujuan dari kalangan DPRD Magelang.

Djoko menegaskan bahwa dewan sudah setuju pembelian lahan sejak audiensi dengan para pedagang beberapa waktu lalu. Namun dari luas 5000 m2, Pemda dan Dewan hanya  sepakat membeli separuhnya

"Lahan sudah jadi milik kita per Desember 2015 kemarin, dan sudah sesuai persetujuan dewan. Pimpinan dewan sudah menyampaikan langsung saat audiensi dengan pedagang. Para pedagang  meminta supaya tetap bisa berjualan disitu," jelasnya.

Namun demikian dia menegaskan bahwa  Pemkab Magelang hanya membeli kurang dari separuh luasan lahan yang ada. Yakni hanya seluas 1900 m2 dari total 5000 m2. "Kita hanya membeli separuhnya, sekitar 1900 m2. Itu cukup untuk semua pedagang," kat Djoko.
  
Sementara  Ketua Fraksi PAN, Achmad Sarwo Edi masih akan mempertanyakan alasan Pemkab membeli lahan tersebut. Mengingat sebelumnya, Badan Anggaran DPRD tidak menyetujui usulan pembelian lahan dengan harga yang ditawarkan.

"Usulan anggaran Rp 5 juta per m2 ditolak Banggar, kenapa malah Pemkab membeli tanah dengan harga lebih mahal. Yakni Rp 6,5 juta per m2," katanya
 
Dalam rapat Banggar dengan TAPD dan pembahasan KUA-PPAS 2015, disepakati bahwa tanah yang akan dibebaskan untuk PKL Mertoyudan Corner adalah seluas 4.000 m2. Dengan perkiraan harga tanah Rp 4.250.000 per m2 atau total anggaran senilai Rp17  Miliar.

"Kenapa pelaksanaanya Pemda hanya membeli separuhnya yakni 1.945 m2 dengan total anggaran sebesar Rp 12.642.500.000, artinya  perhitungannya  Rp 6,5 juta per m2," ungkapnya. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply