» » Keindahan Alam Merapi Jurang Jero Mulai Dilirik Wisatawan




SRUMBUNG, KABARMAGELANG.com__Kawasan hutan Jurang Jero lereng gunung merapi di Kecamatan Srumbung, Magelang kini dikembangkan menjadi wisata alam berbasis konservasi. Para wisatawan yang berkunjung tidak sekedar berlibur dan menikmati keindahan alam Merapi namun juga bisa ikut melakukan pelestarian hutan yang sebagian rusak akibat aktivitas gunung merapi dan pembakaran hutan tahun 2015 kemarin.
Wisata konservasi ini dikembangkan oleh Kelompok Tani Jurang Jero Asri di Desa Ngargosoko dan Kelompok Tani Randu Ijo di Desa Tegalrandu Kecamatan Srumbung, dan  didukung oleh  Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH), Magnet serta Magvel.

Koordinator FMMH Jatmiko mengatakan hampir setiap minggu ada rombongan pelajar dan wisatawan yang membantu pembuatan media tanam. "Wisatawan bisa membantu membuat media tanaman, menyiangi, dan menanam pohon," katanya.

Anggota Kelompok Tani Randu Ijo Gus Wahib menambahkan hutan Merapi mendesak direboisasi karena debit air berkurang drastis selama musim kemarau. Untuk itu pihaknya menyediakan beberapa jenis tanaman yang mulai di kembangkan di sini terutama untuk tanaman keras dan buah – buahan serta jenis bunga.  
“Kita upayakan beberapa jenis tanaman seperti salam, bambu apus, bambu petung, aren, berasan , dan tesek. Kemudian untuk buah ada , kepel, sawo kecik serta tanaman buah semacam durian, mangga, sukun, sirsat, dan lainnya. Sementara untuk keindahan kita sediakan tanaman bunga keningkir, dan matahari,  “tandasnya.(zis)






About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply