» » SMP I Muntilan Louncing Gerakan Literasi Nasional



MUNTILAN, KABARMAGELANG.com__Bertujuan meningkatkan budaya membaca,  SMP I Muntilan louncing gerakan literasi nasional,  Kamis (18/2).  Budaya membaca tingkat pelajar khususnya di Magelang dinilai banyak kalangan sangat rendah.

Kepala Sekolah SMPN 1 Muntilan, Sumarno di sela-sela launching Gerakan Literasi Nasional mengatakan bahwa minat membaca anak-anak sekarang itu sangat kecil. Bahkan dalam satu tahun, belum tentu semua pelajar pernah membaca satu judul buku. Kondisi seperti ini perlu mendapat perhatian bersama. Apalagi membaca masuk dalam budi pekerti seperti yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti.

 "Kami berupaya menumbuhkan minat baca para siswa melalui Gerakan Literasi Nasional. Diharapkan, nantinya akan tercipta budaya membaca dalam diri setiap siswa,"jelasnya.

Dia menyebutkan, gerakan literasi nasional di Kabupaten Magelang baru dilaksanakan pertama kali oleh sekolahnya. Untuk mensukseskan gerakan tersebut, sekolah menyediakan sedikitnya 500 buku atau karya sastra dengan 60-70 judul yang bisa dibaca para siswa.
"Sengaja kita pilih karya sastra berupa novel yang memiliki karakter pendidikan dan menarik minat siswa untuk membaca. Buku-buku ini telah lebih dulu melalui seleksi oleh tim sekolah sehingga layak dibaca.  Dan sekolah akan menerapkan waktu membaca 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar setiap hari Rabu,"terang Sumarno.

Terpisah Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Haryono menandaskan, SMPN 1 Muntilan merupakan sekolah pertama yang melaksanakan gerakan literasi.

"Kami sangat mengapresiasi hal ini karena sangat penting. Harapan kami, gerakan literasi ini bisa didukung oleh seluruh warga sekolah, terutama dalam hal pembelian buku. Dan para siswa harus diminta membuat laporan dari hasilnya membaca. Namun demikian, perlu juga adanya reward atas kesediaan membaca mereka, seperti tambahan nilai atau yang lain," tandasnya.(zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply