» » Ratusan Umat Katolik Lereng Merapi Gelar Jalan Salib Di Kali Senowo



DUKUN, KABARMAGELANG.com__Ratusan umat Katolik yang tergabung dalam Orang Muda Katolik (OMK)  Gereja Santo Petrus Canisius Lor Senowo, Paroki Santo Maria Lourdes Sumber.  atau yang terkenal dengan Gereja Gubug Selo Merapi (GSPi), menggelar jalan salib untuk memperingati kisah sengsara Yesus, saat Wafat di kayu salib, di pematang sawah dan alur Sungai Senowo yang berhulu di Gunung Merapi, Desa Mangunsoko, Kecamatan Dukun, Jumat (25/3). 

“Jalan salib selain sebagai sumber inspirasi umat untuk melaksanakan kasih dalam kehidupa, juga menjadi sumber kekuatan saat  menjalani masa-masa sulit dengan iman, ”kata Romo Paroki Santo Maria Lourdes Sumber, Aloysius Martoyoto Wiyono, Pr.

Ibadat jalan salib Jumat Agung kali ini mengambil tema ‘OMK Paroki Sumber Bangkit dan Terlibat untuk Melayani’. Tema ini diturunkan dari tema APP 2016  "Akulah Garam dan Terang Dunia".  

“Diharapkan dengan tema ini, OMK Paroki Sumber akan ikut bangkit dan terlibat untuk melayani, sebagai garam dan terang di tengah dunia, ”terang Romo Aloysius.

Ketua Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Semarang, Romo Noegroho Agoeng Sri Widodo, yang ikut dalam perayaan,  juga  menegaskan bahwa melalui jalan salib diharapkan bisa menyadarkan umat untuk selalu menjaga serta memanfaatkan alam dengan cara yang bijaksana. 

“Jangan sampai bertindak secara membabi buta. Kalau kita bersedia meringankan penderitaan Yesus, maka ringankanlah beban alam dengan arif, “tegasnya.

Dalam jalan salib ratusan umat yang ikut dalam prosesi tersebut juga membawa salib-salib yang terbuat dari bahan-bahan sisa pertanian menyusuri sawah, ladang,  dan sungai, sebagai perwujudan kehidupan sehari-hari, dimana  dengan segala jerih lelah dan susah payahnya, ‘salib’ harus dipikul, disangga, dan dipeluk dalam hidup sehari-hari. 

“Bersama dengan Kristus, OMK akan selalu membawa salib itu dalam kesetiaan, “kata salah satu panitia OMK GSPi, Susanto. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply