» » 32 Pejabat Pemkab dan Anggota DPRD Jalani Test Urine

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__ Dalam rangka operasi ‘bersinar’ (bersih-bersih narkoba),  Satuan Narkoba Polres Magelang gelar test urine kepada 32 pejabat dan PNS dilingkungan Pemkab Magelang. Test urine yang dilaksanakan secara dadakan tersebut juga dilakukan kepada 4 anggota DPRD serta 2 wartawan, dengan hasil negatif, Kamis (14/4).

“Sudah seharusnya, PNS memberi tauladan kepada masyarakat. Jangan sampai ada PNS menjadi pemakai atau bahkan pengedar narkoba. Karena itu, kami mendukung test ini dilakukan,” kata Wakil Bupati Zaenal Arifin usai memimpin langsung pelaksanaan test urine di ruang cemerlang Pemkab Magelang.

Zaenal menyebutkan sebagai tahap awal pelaksanaan, ada 32 PNS yang di tunjuk langsung oleh petugas Polres untuk di test urine. Pihaknya berharap petugas dari Satuan Narkoba bisa melaksanakan test urin kepada seluruh PNS yang ada. “Kami tetap berharap ini akan di laksanakan terus, “ucapnya.

Wabup juga menegaskan, jika nanti ada PNS yang terbukti mengkonsumsi, pihaknya secara hukum tetap akan menyerahkan kepada pihak yang berwajib. “Tentu secara administratip sebagai PNS pasti juga ada sangsi sesuai aturan yang berlaku, “tegas Zaenal.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Soenarno,  yang juga ikut melakukan test urine, sangat mengapresiasi langkah yang di lakukan Polres Magelang. Dia juga berharap agar BNN bisa di Magelang untuk membantu mencegah peredaran narkoba yang semakin meningkat di wilayah Magelang ini.

“Kalau perlu Pemda bisa menyiapkan anggaran khusus untuk kegiatan pencegahan narkoba ini,” tandasnya.

Kasat Narkoba Polres Magelang, AKP Eko Sambodo mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program ‘bersinar’ (bersih-bersih narkoba) yang dilakukan Polres Magelang selama 21 hari mulai 1 April hingga Kamis (21/4) besok.

“Selain test urine di Pemkab dan DPRD Kabupaten Magelang, juga sudah kami lakukan disejumlah instansi lain.  kami melakukan sejumlah kegiatan lain seperti sosialisasi tentang bahaya narkoba kesejumlah lembaga dan instansi diwilayah ini, “jelasnya.

Sebelumnya, saat test urine di Mapolres Magelang, menemukan 25 anggota positif menggunakan narkoba yang saat ini sudah menjalani pembinaan dan pengawasan (rehabilitasi) dengan beberapa sangsi diantaranya penundaan kenaikan pangkat. “Untuk saat ini, tinggal  tiga personil yang dalam proses pengajuan permohonan Rehab, ”kata Kapolres Magelang, AKBP Zain Dwi Nugroho, SH, SIK, MSI.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply